STRATEGI LAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN

DYAH BAYU RATNA, 071414853037 (2018) STRATEGI LAYANAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSK.08 18 Rat s.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TSK.08 18 Rat s.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_TSK.08 18 Rat s.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Strategi Layanan Informasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan. Dalam mewujudkan transparansi informasi publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam melaksanakan tugas untuk memberikan pelayanan informasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan menerapkan berbagai strategi. Untuk menganalisisnya, penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Dengan instrumen penelitian menggunakan Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari tempat atau lokasi penelitian melalui teknik wawancara (interview) dan pengamatan langsung (observasi) dari objek yang diteliti yaitu pada kantor Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan. Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari laporan tertulis berupa data informasi dari aparatur pada Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan baik berupa data base, renstra, dan laporan tentang layanan informasi publik, laporan lain yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan teori Edward III tentang implementasi kebijakan publik Edward III dalam mengatakan bahwa terdapat empat variable krusial dalam implementasi kebijakan publik yaitu:komunikasi; sumber-sumber; kecenderungan-kecenderungan tingkah laku dan struktur birokrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam pelaksanaanya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai penyedia layanan informasi publik dan PPID. Pada pelaksanaanya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan menggunakan manajenmen strategi yang disesuaikan dengan jenis informasi yang dapat disampaikan kepada publik sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2008.Untuk proses penyampaian informasi secara tidak langsung, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan menggunakan media sosial, website dan email. Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan juga melayani permohonan informasi secara langsung.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.08/18 Rat s
Uncontrolled Keywords: Strategi, Layanan Informasi Publik, Dinas Kominfo
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DYAH BAYU RATNA, 071414853037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenry Subiakto, Prof., Dr., Drs., SH., MA.UNSPECIFIED
Thesis advisorSuko Widodo, Dr. MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2018 17:36
Last Modified: 15 Mar 2018 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item