FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIAAN KONSUMEN TERHADAP MEREK MINUMAN RINGAN COCA-COLA DI SURABAYA

ADI WICAKSONO, 040237637 (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIAAN KONSUMEN TERHADAP MEREK MINUMAN RINGAN COCA-COLA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wicaksonoa-6081-b185_05.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7159a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi pemasarannya. Agar dapat mencapai kesuksesan dalam persaingan tersebut, maka penting bagi perusahaan untuk dapat menciptakan serta mempertahankan kepuasan dan loyalitas konsumennya terhadap suatu merek yang ditawarkannya. PT. Coca-Cola Bolling Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan produk minuman ringan terkemuka di Indonesia dengan salah satu basil produksinya adalah minuman ringan Coca-Cola. Untuk menghadapi persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis maka PT. Coca-Cola Botling Indonesia berusaha mempromosikan secara gencar hasil produksinya sebagai minuman ringan yang menyegarkan untuk segala golongan melalui media elektronika maupun media cetak. Coca-Cola sebagai salah satu merek minuman ringan yang telah lama dipasarkan, selayaknya dapat menimbulkan kesetiaan bagi para konsumennya. Pengukuran terhadap kesetiaan merek Coca-Cola dilakukan dengan menggunakan dua variabel bebas yaitu kepuasan dan rintangan pengalihan. Dengan menggunakan metode analisa regresi maka diperoleh suatu persamaan yang menjelaskan pengaruh kedua faktor tersebut terhadap kesetiaan merek Coca-Cola. Persamaan tersebut yaitu: Y = 1,628 + 0,477 XI + 0,315 X2 Keterangan : Y=Loyalitas Merek X1=Kepuasan X2= Rintangan pengalihan Berdasarkan persamaan tersebut maka dapat diketahui bahwasanya koefisien regresi bertanda positif, hal ini berarti apabila variabel bebas dalam model bertambah maka loyalitas konsumen terhadap merek Coca-Cola juga akan bertambah, begitu juga sebaliknya. Besarnya koefisien korelasi (R) pada hasil analisis regresi adalah 0,903 (90,3%), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepuasan dan rintanan pengalihan secara bersama-sama dengan loyalitas merek. Perubahan (R ) loyalitas merek konsumen Coca-Cola dipengaruhi oleh faktor kepuasan dan rintangan pengalihan sebesar 81,5% dan sisanya sebesar 18,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sementara variabel kepuasan memiliki pengaruh yang dominan terhadap loyalitas merek. Untuk hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor kepuasan dan rintangan pengalihan secara bersama-sama dan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek minuman ringan Coca-Cola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 184/05 Wic f
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF608-635 Will, Choice, Volition
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ADI WICAKSONO, 040237637UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Utami S, Dra.,Ec.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 15 Feb 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7159
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item