PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN PT. BANK MANDIRI KANTOR WILAYAH VIII AREA SURABAYA BASUKI RAHMAT)

DHIMAS KUSUMA WARDHANA, 041311223015 (2018) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN PT. BANK MANDIRI KANTOR WILAYAH VIII AREA SURABAYA BASUKI RAHMAT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 213-18 War p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dukungan organisasi kepada karyawan tentang pekerjaan dan kesejahteraan tempat mereka bekerja merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam organisasi. Jadi fokus pada peningkatan dukungan organisasi (perceived organizational support) menjadi hal yang penting bagi setiap perusahaan. Organizational commitment dan turnover intention menjadi variabel yang terkait dengan perceived organizational support. Organizational commitment dapat meningkat apabila perceived organizational support telah diterapkan dengan baik, dengan dimediasi oleh rendahnya turnover intention menjadi bagian dari organisasi. Penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian frontliner PT. Bank Mandiri Kanwil VIII Area Surabaya Basuki Rahmat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa perceived organizational supporrt mempunyai pengaruh terhadap turnover intention PT. Bank Mandiri Kanwil VIII Area Surabaya Basuki Rahmat serta untuk membuktikan bahwa perceived organizational support mempunyai pengaruh terhadap turnover intention melalui organizational commitment. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu 102 karyawan yang bekerja pada frontliner yang diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pada penelitian ini perceied organizational support adalah sebagai variabel independen, turnover intention sebagai variabel dependen, dan organizational commitment sebagai variabel intervening. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa perceieved organizational support mempunyai pengaruh terhadap turnover intention, dan organizational commitment terbukti memediasi hubungan antara perceived organizational support dan turnover intention pada karyawan bagian frontliner PT. Bank Mandiri Kanwil VIII Area Surabaya Basuki Rahmat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.213/18 War p
Uncontrolled Keywords: Perceived organizational support, turnover intention dan Organizational Commitment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DHIMAS KUSUMA WARDHANA, 041311223015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIBG Adi Permana, S.E., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 20 Oct 2018 13:28
Last Modified: 20 Oct 2018 13:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item