MOCHAMAD AHYU YUSUF RAMADHANI, 071411431037 (2018) DOMINASI TERHADAP SISWA DALAM PERSIAPAN MENGIKUTI OLIMPIADE SAINS TINGKAT SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.66 18 Ram d.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.66 18 Ram d.pdf Restricted to Registered users only until 26 October 2021. Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.66 18 Ram d.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Tak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perlombaan Olimpiade Sains Nasional ini adalah lahan bagi sekolah untuk membentuk image baik di mata masyarakat tak terkecuali calon peserta didik baru. Hal ini seakan hadir sebagai daya tarik yang bisa diperoleh sekolah ketika wakil dari sekolah mereka menjuarai perlombaan Olimpiade Sains, maka sekolah favorit secara otomatis akan melekat pada sekolah-sekolah yang sering menjuarai perlombaan tersebut. Untuk tetap mempertahankan kejuaraan dan meningkatkan kejuaraan yang diperoleh melalui Olimpiade, sekolah melakukan pelatihan-pelatihan secara intens bagi siswa yang akan mengikuti olimpiade. Tentu saja hal ini akan menimbulkan dampak bagi siswa yang mengemban tanggung jawab untuk menunjukkan nama baik sekolah di mata masyarakat. Berangkat dari hal tersebut, peneliti tertarik untuk menggambarkan bentuk dominasi yang dilakukan sekolah terhadap siswa yang akan mengikuti olimpiade beserta dampak yang diterima siswa dari dominasi yang dilakukan oleh sekolah tersebut. Peneliti akan menganalisis menggunakan Teori Kekerasan Simbolik yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu dengan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberi gambaran secara rinci dan jelas mengenai fenomena sosial tertentu. Sedangkan tujuan digunakannya tipe penelitian ini adalah untuk mendapatkan data-data secara kualitatif dengan berbagai pertanyaan terbuka, maka pertanyaan-pertanyaan penelitian akan terjawab lebih detail. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa aktif SMAN 5 Surabaya yang pernah menjuarai olimpiade baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa, bentuk dominasi yang dilakukan oleh SMAN 5 Surabaya dalam mempersiapkan Olimpiade Sains Nasional yaitu memberikan pelatihan secara terus-menerus dan bersifat memaksa, adanya sanksi ketika siswa tidak mengikuti pelatihan, dan pemberian buku bacaan yang harus dipahami setelah pelatihan olimpiade. Dampak yang ditimbulkan dari dominasi tersebut adalah turunnya nikai raport siswa yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional, kehilangan waktu untuk mengembangkan kemampuan akademis di bidang lain, serta hilangnya waktu produktif untuk menjalankan hobby yang diminati.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.S.66/18 Ram d | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Olimpiade Sains Nasional (OSN), Dominasi, Kekerasan Simbolik | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | ||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:53 | ||||||
Last Modified: | 26 Oct 2018 10:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75154 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |