ANALISIS DAMPAK KERUSAKAN KAPAL TUNDA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN USULAN PERBAIKAN DENGAN METODE THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) DI PT PELINDO MARINE SERVICE

SRI WAHYUNI, 041211223028 (2018) ANALISIS DAMPAK KERUSAKAN KAPAL TUNDA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN USULAN PERBAIKAN DENGAN METODE THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) DI PT PELINDO MARINE SERVICE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 268-18 Wah a.PDF
Restricted to Registered users only until 26 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Perak merupakan salah satu pintu gerbang perekonominan Indonesia dan letaknya yang strategis PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Perak menyediakan segmen usaha yang memiliki peran cukup signifikan bagi jasa kepelabuhanan yaitu pelayanan jasa penundaan. Kinerja kapal tunda menjadi faktor yang signifikan dalam pelayanan jasa penundaan. Saat ini PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Perak melakukan sewa (charter) kapal tunda kepada PT Pelindo Marine Service. Kinerja kapal tunda dirasa kurang efektif karena kapal tunda sering mengalami kerusakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kerusakan kapal tunda menggunakan Fishbone Diagram. Disamping itu penelitian ini berusaha mencoba untuk menggali dampak-dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan tersebut dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP).. Pada tahap terakhir peneliti memberikan usulan terhadap semua penyebab masalah dengan menggunakan menggunakan matriks Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ). Hasil akhir penelitian ini adalah berupa informasi penyebab dan dampakdampak kerusakan kapal tunda, serta usulan perbaikan terhadap penyebab kerusakan kapal tunda. Penyebab kerusakan terjadi disebabkan oleh faktor material, man power, machine, dan method. Secara umum kerusakan kapal tunda lebih berdampak pada Divisi Operasional daripada Divisi Teknik. Hasil analisa data menunjukan bahwa sebesar 83% kerusakan kapal tunda berdampak pada Divisi Operasional. Sedangkan usulan perbaikan terhadap penyebab kerusakan kapal tunda adalah sebagai berikut memilih BBM yang memiliki kualitas bagus, memilih kru kapal yang berpengalaman dalam mengemudikan kapal tunda, kru kapal harus paham akan jadwal perawatan, dan sering melakukan penjadwalan maintenance atau pengecekan secara rutin terhadap mesin kapalmenyediakan sparepart cadangan, melakukan tindakan preventif sebelum terjadi kerusakan, diperlukan kesadaran dari level bawah sampai level atas akan kesadaran untuk melakukan perawatan kapal tunda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.268/18 Wah a
Uncontrolled Keywords: Diagram Fishbone, Analytic Hierarchy Process (AHP), Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA190-194 Management of engineering works
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SRI WAHYUNI, 041211223028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuwanku Aria Auliandri, SE., Msc.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 26 Nov 2018 10:52
Last Modified: 26 Nov 2018 10:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item