PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN VARIABEL PERSON ORGANIZATION FIT DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIASI PADA KARYAWAN DI PT BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA

NANA FEBRIANA, 041614353020 (2018) PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN VARIABEL PERSON ORGANIZATION FIT DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIASI PADA KARYAWAN DI PT BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karyawan yang memiliki organizational citizenship behavior adalah asset penting bagi perusahaan, mereka tidak hanya memikirkan kepentingan dan tujuannya mereka saja, tetapi juga akan memikirkan dan berkontribusi aktif untuk memajukan dan mencapai tujuan perusahaan dengan melakukan extra role behavior baik dalam tataran individu, organisasi maupun customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh organizational justice terhadap organizational citizenship behavior, dan untuk mengetahui pengaruh organizational justice terhadap organizational citizenship behavior dengan person organization fit dan employee engagement sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Jumlah Sampel dalam penelitian ini 170 karyawan dengan level jabatan Supervisor dan Staf/Pelaksana pada PT Berlian Jasa Terminal Indonesia yang bergerak dalam bidang bongkar muat peti kemas dan jasa kepelabuhanan lainnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa organizational justice berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT BJTI, sehingga hipotesis pertama tidak terbukti kebenarannya. Untuk hipotesis kedua hasilnya organizational justice berpengaruh positif secara signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia.dengan employee engagement sebagai mediasi, sehingga hipotesis kedua terbukti kebenarannya, dan hipotesis ketiga hasilnya organizational justice berpengaruh positif secara signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia.dengan person organization fit sebagai mediasi, sehingga hipotesis ketiga terbukti kebenarannya. Employee engagement dan person organization fit sebagai mediasi pengaruh organizational justice terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, untuk itu pihak organisasi harus menjaga faktor-faktor yang dapat memperkuat atau memunculkan Employee engagement dan person organization fit. Selain itu, dengan rendahnya pengaruh dimensi OCB-Customer bila dibandingkan dengan OCB-Individu dan OCB-Organisasi terhadap OCB, maka pihak manajemen juga harus memperhatikan faktor-faktor yang memperkuat munculnya perilaku extra role karyawan di PT Berlian Jasa Terminal Indonesia berkaitan dengan pelayanan dan kepuasan kepada customer, terutama karena PT Berlian Jasa Terminal Indonesia bergerak dalam bidang jasa pelayanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM.97/18 Feb p
Uncontrolled Keywords: organizational justice, organizational citizenship behavior, employee engagement, person organization fit.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NANA FEBRIANA, 041614353020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dr. , Dra.Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2019 09:13
Last Modified: 02 Jan 2019 09:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77485
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item