HUBUNGAN KELETIHAN IBU POST PARTUM DENGAN MOTIVASI PEMBERIAN ASI PADA IBU POSTPARTUM 7-14 HARI DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA ENIM

EZRA LEDYA SEVTIANA SINAGA, 131611123046 (2018) HUBUNGAN KELETIHAN IBU POST PARTUM DENGAN MOTIVASI PEMBERIAN ASI PADA IBU POSTPARTUM 7-14 HARI DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA ENIM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan adalah kondisi individu yang mengalami perasaan lelah dan mengurangi kemampuan fisik dan mental dan tidak akan hilang dengan istirahat. Ibu dengan kelelahan pasca melahirkan memiliki risiko lebih tinggi untuk menghentikan pemberian ASI. Metode: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan keletihan ibu postpartum dengan motivasi pemberian ASI pada ibu postpartum 7-14 hari di 4 kelurahan kabupaten Muara Enim. Desain penelitian ini menggunakan cross-sectional dengan menggunakan cluster sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang berada di Posyandu di 4 kelurahan di kabupaten Muara Enim. Ukuran sampel penelitian ini adalah 100 ibu yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen menggunakan kuesioner PFS dan BMIMS. Analisis menggunakan Spearman’s Rho Rank. Variabel independen adalah keletihan ibu postpartum dan variabel dependen adalah motivasi pemberian ASI. Hasil: Terdapat hubungan antara keletihan ibu postpartum dengan motivasi pemberian ASI eksklusif (p=0,000). Diskusi: Dapat disimpulkan bahwa jika semakin tinggi kelelahan pasca melahirkan ibu yang dialami oleh ibu, maka semakin rendah motivasi memberi ASI. Penelitian lebih lanjut dianjurkan untuk memeriksa faktor-faktor yang mungkin muncul akibat kelelahan ibu pasca melahirkan, seperti psikologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 207/18 Sin h
Uncontrolled Keywords: Kelelahan, Ibu Postpartum, Motivasi Menyusui, ASI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
EZRA LEDYA SEVTIANA SINAGA, 131611123046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetnayu Pradanie, , S. Kep., Ns., M. KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:19
Last Modified: 03 Jan 2019 06:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77532
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item