EFEKTIVITAS ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY UNTUK MENURUNKAN STIGMATISASI KELUARGA TERHADAP PASIEN SKIZOFRENIA

Astri Haryanti, 111514153010 (2018) EFEKTIVITAS ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY UNTUK MENURUNKAN STIGMATISASI KELUARGA TERHADAP PASIEN SKIZOFRENIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (361kB)
[img] Text (full text)
full txt.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stigma terhadap gangguan jiwa masih melekat di masyarakat. Keluarga sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam perawatan dapat menjadi bagian yang memberikan stigmatisasi terhadap pasien. Stigma dapat menjadi faktor yang menghambat dalam pemulihan pasien skizofrenia. Penanganan yang tepat dapat memberikan kualitas hidup yang lebih baik terhadap pasien skizofrenia maupun keluarganya. Acceptance and Commitment Therapy (ACT) merupakan salah satu intervensi yang telah terbukti dapat menurunkan stigmatisasi. Acceptance and Commitment Therapy mendorong individu untuk menerima pengalaman internal yang terjadi tanpa melakukan upaya untuk menghakimi dan secara bersamaan menetapkan perilaku yang dijadikan sebagai tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan menggunakan jenis single-subject design pada empat orang subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan alat ukur The Attribution Questionnaire – 27 (AQ -27) yang telah dilakukan alih bahasa. Analisis data dengan menggunakan analisis visual untuk melihat perubahan pada masingmasing subjek, uji non-parametrik berupa uji Wilcoxon Signed Rank Test dan effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Acceptance and Commitment Therapy dapat secara efektif menurunkan stigmatisasi pada masing-masing subjek penelitian terhadap pasien skizofrenia. Meskipun ketika dilakukan analsis dalam kelompok hasil penelitian tidak memberikan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 15/18 Har e
Uncontrolled Keywords: stigma, schizophrenia, family, acceptance and commitment therapy Bibliography
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K37-44 Bibliography
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Astri Haryanti, 111514153010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Hartini, Dr. , S.Psi., M.Kes., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 02:07
Last Modified: 08 Jan 2019 02:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item