PERUBAHAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTERED LEARNING MENJADI STUDENT CENTERED LEARNING:PENELITIAN TINDAKAN PADA GURU PAUD

IDA AYU MAITRY SANJIWANI, 111514153002 (2018) PERUBAHAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTERED LEARNING MENJADI STUDENT CENTERED LEARNING:PENELITIAN TINDAKAN PADA GURU PAUD. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prinsip pembelajaran PAUD dalam Kurikulum 2013 adalah berpusat pada siswa ataustudent centered learning.Kurikulum 2013 mulai diberlakukan sejak tahun ajaran 2014/2015, namun terdapat sekolah yang masih menerapkan teacher centered learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pembelajaran teacher centered learning menjadi student centered learning dan faktorfaktor yang mempengaruhinya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian yaitu penelitian tindakan. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan masingmasing 3 sesi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang guru TK A. Alat ukur yang digunakan adalah observasi berdasarkan karakteristik student centered learning dalam Kurikulum 2013. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Telah terjadi perubahan pembelajaran teacher centered learning menjadi student centered learning, yang dengan munculnya keempat belas target perilaku dari ketiga aspek pembelajaran student centered learning; 2) Perubahan yang terjadi adalah perubahan positif karena setelah dilakukan penelitian tindakan terjadi peningkatan jumlah kemunculan target perilaku jika dibandingkan dengan observasi awal; 3) Perubahan ini dipengaruhi oleh faktor kondisi kelas, kemampuan dan motivasi guru, serta materi ajar; 4) Perubahan pada aspek dari student centered learning pada setiap guru berbedabeda. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan dan motivasi yang berbedabeda pada setiap guru. Implikasi dari penelitian ini adalah guru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pembelajaran student centered learning.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 32/18 San p
Uncontrolled Keywords: Student Centered Learning, Teacher Centered Learning, 2013 Curriculum
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
IDA AYU MAITRY SANJIWANI, 111514153002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana, Dr.,S/.Psi.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:21
Last Modified: 09 Jan 2019 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78046
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item