PROGRAM INTERNSHIP DI JEPANG: STRATEGI ADAPTASI DAN MANFAATNYA BAGI MAHASISWA (STUDI KASUS: PROGRAM INTERNSHIP AIESEC 5 MAHASISWA SASTRA JEPANG UNAIR DI JEPANG)

Theresia Septyan Pravitha, 121113005 (2018) PROGRAM INTERNSHIP DI JEPANG: STRATEGI ADAPTASI DAN MANFAATNYA BAGI MAHASISWA (STUDI KASUS: PROGRAM INTERNSHIP AIESEC 5 MAHASISWA SASTRA JEPANG UNAIR DI JEPANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FS J 40-18 Pra p - ABSTRAK1.pdf

Download (395kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 40-18 Pra p - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan komposisi penduduk atas meningkatnya populasi penduduk lanjut usia(lansia) serta angka kelahiran yang semakin menurun membuat negara Jepang kekurangan tenaga kerja. Usaha pemerintah mendatangkan tenaga kerja asing untuk mengisi kekosongan Sumber Daya Manusia ini membuka peluang bagi tenaga kerja Indonesia masuk dan bekerja di Jepang. Mahasiswa pun juga memiliki kesempatan untuk dapat merasakan pengalaman bekerja di Jepang.Salah satu cara mahasiswa agar dapat bekerja di Jepang adalah melalui program internship AIESEC. Program internship yang dimiliki AIESEC ini tidak hanya untuk mendapatkan pengalam bekerja namun juga dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki mahasiswa, serta membangun jiwa kepemimpinan mahasiswa.Perbedaan budaya, aturan, serta kebiasaan masyarakat Jepang dengan masyarakat di Indonesia membuat para mahasiswa beradaptasi dengan budaya yang baru.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi adaptasi yang dilakukan oleh para mahasiswa selama mengikuti program internship serta manfaat internship bagi mahasiswa di kehidupannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, deskriptif. Sementara data yang digunakan didapat dengan metode kepustakaan dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada 5 mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga sebagai informan pilihan peneliti. Hasil penelitian menyatakan bahwa kelima informan merasakan banyak manfaat dengan mengikuti program internship dan program internship ini dapat meningkatkan peluang dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J 40/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: internship, AIESEC, adaptasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM
Theresia Septyan Pravitha, 121113005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTia Saraswati, S.SUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Jan 2019 08:04
Last Modified: 10 Jan 2019 08:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item