ATRI SRIWARDHANI, 121414253014 (2018) IMPLEMENTASI TEORI VYGOTSKY DI ALPHAKID CHARACTER STUDY CENTER PRESCHOOL SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text (Abstrak)
TIL. 21-18 Sri i Abstrak.pdf Download (62kB) |
|
Text (Fulltext)
TIL. 21-18 Sri i.pdf Restricted to Registered users only until 29 January 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Teori Pembelajaran konstruktif dari Teori Vygotsky yang melahirkan konsep Zone Proximal Development (ZPD) dan scaffolding. Teori Vygotsky membangun interaksi sosial dengan budaya. Pada konsep ZPD ini memiliki 4 tahapan perkembangan pembelajaran untuk mencapai taraf kemampuan aktual dari taraf kemampuan potensialnya. Bantuan sementara (scaffolding) dapat diberikan pada taraf kemampuan potensial secara tepat waktu dan ditarik sewaktu-waktu saat proses belajar sehingga tidak ada intervensi yang berlebihan. Pada interaksi sosial (komunikasi) tersebut, pembelajaran bahasa baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris juga menjadi perhatian peneliti terutama untuk kecerdasan linguistik anak. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan teori Vygotsky dalam penyusunan materi ajar dan peranan guru dalam proses belajar yang menerapkan teori Vygotsky tersebut di ACSC Preschool Surabaya. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis dan mengkaji penerapan teori Vygotsky pada penyusunan materi ajar dan para guru pada proses pembelajaran di Alphakid Character Study Center (ACSC) Preschool Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dikumpulkan bukti-bukti berupa hasil wawancara dan foto-foto kegiatan belajar siswa di ACSC Preschool Surabaya. Setelah dilakukan penelitian, Teori Vygotsky pada konsep ZPD dan Scaffolding diterapkan dalam penyusunan materi ajar yang terintregasi antara content (materi ajar) dan linguistics (bahasa) melalui penggabungan kelas besar dan kecil di seluruh tingkatan pendidikan yaitu Kelompok Bermain (PlayGroup) dan Taman Kanak-Kanak (TK) dalam kegiatan belajar yang menarik dan disesuaikan dengan karakter anak. Guru juga memiliki peran penting dalam penerapan teori Vygotsky ini terutama dalam proses belajar yang komunikatif dan pencatatan yang detail termasuk evaluasi atas perkembangan kognitif siswa. Metode pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing sangatlah tergantung pada kemampuan guru dan jenis-jenis kegiatan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TIL. 21-18 Sri i | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Konstruktif, Teori Vygotsky, Zone Proximal Development (ZPD), Scaffolding, Preschool | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools | |||||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2019 11:41 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2019 11:41 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79687 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |