PENILAIAN RISIKO PADA PEKERJAAN PACKING DI UNIT MORTAR PT SINAR INDOGREEN KENCANA

Muhammad Enggar Y., 151511713025 (2018) PENILAIAN RISIKO PADA PEKERJAAN PACKING DI UNIT MORTAR PT SINAR INDOGREEN KENCANA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Muhammad Enggar Y. 151511713025.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerjaan packing semen adalah pekerjaan yang memiliki risiko yang bersumber dari debu semen ketika pengoperasian. Pekerja packing berisiko mengalami gangguan kesehatan. Karena itu, manajemen risiko dibutuhkan untuk mengurangi risiko yang ada. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi potensi bahaya, melakukan penilaian risiko dan memberi saran atau rekomendasi pengendalian risiko pada pekerjaan packing semen di PT Sinar Indogreen Kencana. Penelitian ini termasuk penelitian observasional deskriptif. Subjek penelitian adalah 4 orang diantaranya 1 supervisor, 1 junior supervisor, 1 orang SHE, 1 operator packing semen dan objek penelitian adalah langkah kerja pada pekerjaan packing. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel dan narasi. Hasil identifikasi bahaya ditemukan 46 potensi bahaya meliputi 6 bahaya fisik, 22 bahaya mekanik dan 18 bahaya kimia. Sedangkan penilaian risiko menunjukan bahwa terdapat 2 risiko rendah (terbentur dan tersandung di area kerja), 29 risiko sedang (gerakan yang berulang, terjepit dan terpleset di area conveyor) dan 15 risiko tinggi (debu semen yang mengakibatkan gangguan pernapasan dan iritasi pada kulit). Upaya pengendalian yang dilakukan perusahaan adalah upaya administratif dan alat pelindung diri (APD) namun masih belum memadai. Kesimpulan dari penelitian ini masih terdapat 44 potensi bahaya yang harus dikendalikan maka perusahaan disarankan untuk memberi landasan kaki pada kaki pekerja, mengganti kursi operator yang lebih nyaman, menerapkan 5R pada area pekerjaan packing semen, perawatan secara berkala APD pekerja, pemasangan LOTO ketika cleaning mesin, dan selalu mendokumentasikan hasil inspeksi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.18/18 Yud p
Uncontrolled Keywords: manajemen risiko, pekerjaan packing semen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Enggar Y., 151511713025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 07 Feb 2019 05:01
Last Modified: 01 Mar 2019 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item