PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP CONSUMER TRUST, ATTITUDE TOWARD THE ADVERTISEMENT, ATTITUDE TOWARD THE BRAND, DAN PURCHASE INTENTION PADA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

MUHAMMAD RIFQI HERDIANZAH, 041514353069 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP CONSUMER TRUST, ATTITUDE TOWARD THE ADVERTISEMENT, ATTITUDE TOWARD THE BRAND, DAN PURCHASE INTENTION PADA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
MM. 29-19 Her p Abstrak.pdf

Download (355kB)
[img] Text (Fulltext)
MM. 29-19 Her p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan endorser celebrity dan social media influencer terhadap consumer trust, attitude toward the advertisement, attitude toward the brand, dan purchase intention pada endorsement di media sosial instagram. Adapun penelitian ini didasari oleh penelitian sebelumnya terkait fenomena social media influencer yang dinilai lebih dipercaya konsumen ketika melakukan aktifitas endorsement di media sosial instagram, dikarenakan faktor objektivitas, orisinalitas konten, serta tingkat engagement yang tinggi dengan para follower-nya, sehingga dinilai memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan selebriti konvensional ketika melakukan suatu endorse produk. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para pemasar maupun perusahaan untuk dapat memilih tipe endorser ketika melakukan promosi produk melalui media sosial Instagram, yang dinilai paling sesuai dengan strategi perusahaan dan target audiens, sehingga aktifitas endorsement tersebut akan memberikan dampak positif secara optimal terhadap perusahaan. Untuk mencapai objektif tersebut, penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain faktorial 2x2 between subject dimana sumber pesan (celebrity dan social media influencer) dan tipe endorsement (tanpa foto dan dengan foto endorser) dilakukan manipulasi. Secara keseluruhan, empat skenario endorsement telah dibuat dan secara random didistribusikan kepada 120 partisipan yang terbagi ke dalam empat kelompok. Data yang didapat kemudian dianalisa menggunakan statistika deskriptif dengan membandingkan signifikansi nilai mean dari tiap-tiap variabel. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah baik pada unggahan instagram tanpa atau dengan menyertakan foto kedua endorser, meskipun memiliki nilai rerata yang berbeda pada tiap variabel dependen, nilai signifikansi yang didapat pada masing-masing hubungan adalah lebih besar dari level of significance (alpha=5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan endorser celebrity maupun social media influencer tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap persepsi konsumen pada consumer trust, attitude toward the brand, attitude toward the advertisement, serta purchase intention pada media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 29-19 Her p
Uncontrolled Keywords: Celebrity, Social Media Influencer, Endorsement, Consumer Trust, Attitude toward the Advertisement, Attitude toward the Brand, Purchase Intention.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD RIFQI HERDIANZAH, 041514353069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., SE., Msi,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Feb 2019 05:05
Last Modified: 26 Feb 2019 05:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80519
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item