TENTARA MANUNGGAL MEMBANGUN DESA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI KABUPATEN GRESIK

HENDRO SETYADI, 091624453004 (2019) TENTARA MANUNGGAL MEMBANGUN DESA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI KABUPATEN GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
THPb. 01-19 Set t Abstrak.pdf

Download (61kB)
[img] Text (Fulltext)
THPb. 01-19 Set t.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal. Selaras dengan pembangunan nasional dan pembangunan regional Provinsi Jawa Timur, ketahanan pangan juga menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Gresik. Kompleksitas pembangunan kedaulatan, kemandirian, dan ketahanan pangan dengan pelbagai kendala yang dihadapi membutuhkan pendekatan lintas sektoral dan kerjasama pelaku pembangunan secara partisipatif baik di tingkat nasional, regional, hingga daerah kabupaten/kota. Penyelenggaraan pangan secara berkelanjutan merupakan kebijakan multidimensi yang membutuhkan pendekatan strategi secara inklusif. Keterlibatan TNI-AD (Angkatan Darat) dalam mendukung prioritas pembangunan nasional untuk mencapai swasembada pangan didorong oleh Presiden Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis prinsip-prinsip ketahanan pangan nasional dan regional di Indonesia dan bentuk kerja sama dan implementasi "TNI Manunggal Membangun Desa" untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Gresik. Penelitian ini bersifat observasional melalui forum diskusi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pelaksanaan program “TNI Manunggal Membangun Desa” sejak 2012 telah dicapai pembangunan yang mendukung ketahanan pangan seperti pengembangan embung desa, lumbung desa, jalan pertanian, irigasi pertanian, dan infrastruktur pendukung lainnya untuk memberdayakan masyarakat di pengelolaan pertanian pangan utama. Meskipun telah memberikan kontribusi nyata tetapi implementasi program menemui berbagai kendala dalam mewujudkan ketahanan pangan sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THPb. 01-19 Set t
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Pangan, Produksi Pangan, Program TNI Manunggal Membangun Desa
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3926-3935 Food processing industries
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
HENDRO SETYADI, 091624453004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Sunyowati, Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Thesis advisorIman Prihandono, SH,MH,LLM,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2019 06:26
Last Modified: 15 Mar 2019 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item