INOVASI PELAYANAN UNTUK ANAK JALANAN (STUDI TENTANG INOVASI PROGRAM PELAYANAN SOSIAL UNTUK ANAK JALANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) KAMPUNG ANAK NEGERI KOTA SURABAYA DILIHAT DARI PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE)

Rakha Duta Perkasa Erlandito, 071411131023 (2019) INOVASI PELAYANAN UNTUK ANAK JALANAN (STUDI TENTANG INOVASI PROGRAM PELAYANAN SOSIAL UNTUK ANAK JALANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) KAMPUNG ANAK NEGERI KOTA SURABAYA DILIHAT DARI PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.19 19 Erl i.pdf

Download (97kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.19 19 Erl i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi Program Pelayanan Sosial untuk anak Jalanan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Kota Surabaya dilihat dari perspektif New Public Service. Program Pelayanan Sosial merupakan suatu inovasi yang diciptakan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk melayani dan memberdayakan anak – anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial khususnya anak jalanan yang dilaksanakan di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori New Public Service dari Janet V. Denhadrt. Dalam teori Janet V. Denhardt ini terdapat tujuh prinsip New Public Service (NPS), yaitu Serve citizen, not costumer, Seek the public interest, Value citizenship over enterpreneurship, Think strategically, act democratically, Recognize that accountability isn‟t simple, Serve rather than steer, Value people, not just productivity. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive, dimana informan yang terpilih merupakan pihak yang dianggap paling mengerti dan memahami tentang program tersebut. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan Program Pelayanan Sosial di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya jika ditinjau dari perspektif new public service adalah pelaksanaannya telah sesuai dengan tujuh prinsip – prinsip new public service. Namun, dalam pelaksanaannya belum berjalan secara maksimal karena kurangnya antusias anak jalanan dalam pengembangan minat bakat dan belum ada keterlibatan anak jalanan dalam perbaikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.19/19 Erl i
Uncontrolled Keywords: Inovasi pelayanan publik, Program Pelayanan Sosial, New Public Service.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Rakha Duta Perkasa Erlandito, 071411131023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof., Dr., Drs., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:01
Last Modified: 18 Dec 2019 02:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item