PENGARUH DESAIN WEBSITE DALAM PEMBENTUKAN INITIAL ONLINE TRUST SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI PELANGGAN

RINI ANDRIYANTI, 040610591 (2012) PENGARUH DESAIN WEBSITE DALAM PEMBENTUKAN INITIAL ONLINE TRUST SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-andriyanti-22234-b20111-k.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-andriyanti-18148-b20111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam penerapan pemasaran online amatlah penting untuk mengetahui model perilaku konsumen secara online. Pemasar harus mengetahui bagaimana sebuah niat beli yang akan mendorong terjadinya pembelian online dapat terbentuk. Dalam hal ini desain website memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepercayaan online, mempengaruhi sikap konsumen terhadap pembelian secara online serta memberi pengaruh pada niat pembelian online. Penelitian ini berusaha menguak pengaruh yang ditimbulkan atas keberadaan delapan penggerak keperayaan online (driver of online trust) dalam membentuk initial online trust dengan cara mengadakan suatu studi eksperimen. Studi eksperimen dilakukan dengan cara memberikan treatment berupa tampilan website yang berbeda pada dua kelompok test unit yang berbeda (Experimental Group dan Control Group) untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan perbedaan desain website tersebut pada kepercayaan online konsumen. Analisis dilakukan melalui pendekatan kuantitatif melalui pengamatan terhadap koefisien jalur serta koefisien determinasi (path analysis), serta uji beda untuk menjawab hipotesis penelitian. Melalui pendekatan kuantitatif tersebut diketahui bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh antara desain website yang memuat driver of online trust dan desain website yang tidak memuat driver of online trust terhadap initial online trust pelanggan; (2) terdapat pengaruh kepercayaan online terhadap sikap konsumen atas belanja online; (3) sikap konsumen atas belanja online mempengaruhi niat beli secara signifikan; (4) initial online trust secara langsung memiliki pengaruh terhadap niat beli secara online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 201/11 And p
Uncontrolled Keywords: online store, website, initial online trust, attitude, purchase intention
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RINI ANDRIYANTI, 040610591UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 09 Jan 2012 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 08:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item