IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi)

I GEDE OKA MAHENDRA SIDHI PRAMESTI, 041511535045 (2019) IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah pusat dan daerah wajib menerapkan akuntansi berbasis akrual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas, dampak dan kendala dalam penerapan SAP berbasis akrual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan dalam bentuk studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil dari observasi, dokumentasi dan wawancara yang diperoleh dari BPKAD Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SAP berbasis akrual di pemerintah kabupaten Banyuwangi ditinjau dari pencapaian tujuan dan kesiapan komponen pendukung seperti komitmen, regulasi dan kebijakan, sistem teknologi informasi, sumber daya manusia sudah efektif, namun belum mencapai kata maksimal karena masih terdapat beberapa kendala. Kendala yang dihadapi dalam penerapan SAP berbasis akrual yaitu rendahnya komitmen, kurangnya SDM yang berkompeten, komunikasi antar SKPD, dan transaksi di luar APBD. Dampak yang ditimbulkan dari penerapan SAP berbasis akrual yaitu laporan keuangan yang dihasilkan lebih banyak, dapat mengukur kinerja pemerintah, dan seluruh transaksi dicatat secara real time sehingga hak dan kewajiban dilaporkan lebih tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 257/19 Pra i
Uncontrolled Keywords: SAP, Accrual, Effectiveness
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
I GEDE OKA MAHENDRA SIDHI PRAMESTI, 041511535045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Erina Sudaryati, Dra, MS, Ak, '0028026104UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 08:18
Last Modified: 11 Sep 2019 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item