ANALISIS EFISIENSI TATA LETAK (LAYOUT) PROSES PRODUKSI DENGAN METODE KESEIMBANGAN LINI (LINE BALANCING) PADA CV. JD COLLECTION

NADYA PRISTA KUSUMANINGAYU, 041511233273 (2019) ANALISIS EFISIENSI TATA LETAK (LAYOUT) PROSES PRODUKSI DENGAN METODE KESEIMBANGAN LINI (LINE BALANCING) PADA CV. JD COLLECTION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (359kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (364kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Tata letak merupakan landasan utama dalam dunia industri, khususnya industri yang berkaitan dengan produksi barang. Tata letak pada proses produksi meliputi pengaturan kapasitas, penempatan fasilitas-fasilitas produksi agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Dalam penyusunan tata letak, efisiensi perlu diperhatikan dengan maksud meminimalisir biaya baik dari segi materil maupun waktu pada tiap-tiap stasiun kerja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui jenis layout, efisiensinya, dan apakah perlu dilakukan relayout terhadap hal tersebut, serta layout yang sesuai dengan perusahaan dalam rangka menciptakan efisiensi baik dari segi waktu dan kuantitas pekerjaan. Menggunakan metode analisis line balancing, hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak yang diterapkan adalah layout produk dengan jenis terus-menerus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain layout CV. JD COLLECTION memiliki garis lintas yang efisien, karena jam menganggur pekerja 28 menit lebih kecil dari pada jam penganggur pekerja 48 menit. Kemudian untuk jumlah stasiun kerjay\ yang dibutuhkan hanya 2 stasiun kerja. Tetapi pada kenyataannya terdapat 3 stasiun kerja. Melalui penemuan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu dilakukan perubahan dengan menjadikan pekerjaan “I” diletakkan pada stasiun 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 307/19 Kus a
Uncontrolled Keywords: layout, efficiency, relayout, line balancing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NADYA PRISTA KUSUMANINGAYU, 041511233273UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHermawantoUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:39
Last Modified: 26 Sep 2019 08:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item