HUBUNGAN ANTARA DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MASALAH PERILAKU REMAJA DI DESA NOGOJATISARI KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN

EFI YULIANI, 151611913114 (2019) HUBUNGAN ANTARA DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MASALAH PERILAKU REMAJA DI DESA NOGOJATISARI KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. KP. 113-19 Yul h abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
FV. KP. 113-19 Yul h daftar isi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
FV. KP. 113-19 Yul h daftar pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. KP. 113-19 Yul h.pdf
Restricted to Registered users only until 4 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Durasi bermain game online merupakan salah satu faktor yang memicu perubahan perilaku pada remaja, dimana semakin meningkat durasi yang digunakan maka perilaku yang muncul akan kurang baik dan dikategorikan dengan perilaku agresif pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan durasi bermain game online dengan masalah perilaku remaja di Desa Nogojatisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Metode penelitia analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua remaja di Desa Nogojatisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan, sebanyak 71 remaja dengan sampel 40 remaja yang bermain game online menggunakan teknik sample random sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Terdapat dua variabel, variabel independen durasi bermain game online dan variabel dependen masalah perilaku remaja. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner kemudiian dilakukan Editing, pengkodean, penilaian, rekapitulasi data dengan membuat tabel, tabulasi, kemudian data ditampilkan naratif dan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar dari responden memliki tingkat durasi bermain game online dengan durasi tinggi, Sedangkan hasil analisa uji Spearman pada software SPSS (versi 16,0) dengan tingkat signifikansi α = 0,05, diperoleh nilai rho = -945 dengan korelasi negatif dengan  = < 0,05  value = 0,000, sehingga H1 diterima, artinya ada hubungan antara durasi bermain game online dengan masalah perilaku remaja di Desa Nogojatisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Sebagian besar remaja memiliki durasi bermain game online dengan tingkat durasi yang tinggi sehingga perilaku yang dihasilkan kurang baik dan dkategorikan dengan perilaku agresif. Di harapkan peran keluarga dan peran orangtua lebih ditingkatkan untuk membatasi remaja dalam bermain game online sehingga dapat mengantisipasi dan mengurangi masalah perilaku pada remaja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV. KP. 113-19 Yul h
Uncontrolled Keywords: durasi bermain game online, perilaku remaja
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
EFI YULIANI, 151611913114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAli Sairozi, NIDN: '3412027501UNSPECIFIED
Thesis advisorEndah Sri Wijayanti, NIDN: '3411087001UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Nov 2019 01:34
Last Modified: 02 Nov 2019 01:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item