Muhammad Naufal Randhika Putra, 071511733097 (2019) PROSES BELAJAR LULUSAN CUM LAUDE FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
FIS ANT 77 19 Put p ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text
FIS ANT 77 19 Put p DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) |
|
Text
FIS ANT 77 19 Put p DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FIS ANT 77 19 Put p.pdf Restricted to Registered users only until 21 November 2022. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal_M.Naufal Randhika Putra_071511733097.pdf Download (169kB) |
Abstract
Proses belajar lulusan cum laude S1, S2 dan S3 merupakan fenomena yang menarik untuk di teliti lebih mendalam, Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses belajar lulusan cum laude. Lokasi penelitian di FISIP UNAIR, lingkungan rumah dan kosan mahasiswa lulusan cum laude. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dan pendekatan etnografi. Informan yang diwawancarai ada 8 informan. Penggalian data juga diperoleh dengan observasi aktivitas mahasiswa S1 ketika kuliah dan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap. Data kualitatif ditranskrip, dikategorikan dan dianalisis dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar formal lulusan cum laude S1, S2, S3 ketika di kelas adalah disiplin dan aktif mendengar, mencatat, membaca materi, mengulang dan menghafal materi, bertanya, merekam, meminta PowerPoint, lebih memiliki nilai kesiapan ketika ujian. Lulusan cum laude S1 memiliki target IP/Indeks Prestasi dan SKS/Sistem Kredit Semester, tetapi lulusan cum laude S2 dan S3 tidak memiliki target IP dan SKS. Cara mengerjakan tugas lulusan cum laude ketika kuliah berbeda, ada yang mendekati deadline dan jauh dari deadline. Adanya Ruang Baca dan Galeri FISIP, Perpustakaan Kampus B menunjang proses pembelajaran formal. Lingkungan FISIP memiliki juga pengaruh terhadap proses belajar formal lulusan cum laude ketika kuliah. Proses belajar formal dan sambil lalu yaitu keikutsertaan organisasi, diskusi, seminar dan konferensi. Lulusan cum laude juga mengalami proses belajar sambil lalu dari pengaruh lingkungan keluarga, teman dan penggunaan gadget.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS ANT 77/19 Put p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Proses Belajar, Lulusan Cum Laude, Belajar Formal dan Sambil Lalu, Lingkungan Keluarga, Teman, Penggunaan Gadget. | ||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2019 03:57 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2019 03:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91320 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |