PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TABLET TAMBAH DARAH (TTD)” TERHADAP NIAT MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 10 SURABAYA

YOHANA NENSY LASAMAHU, 101511133182 (2019) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TABLET TAMBAH DARAH (TTD)” TERHADAP NIAT MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 10 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 284 19 Las p.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FKM 284 19 Las p.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FKM 284 19 Las p.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 284 19 Las p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja putri termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap anemia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah anemia. Salah satunya yaitu promosi kesehatan melalui media iklan layanan masyarakat terkait pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan, sikap, persepsi dan niat remaja putri sebelum dan sesudah terpapar media iklan layanan masyarakat “Tablet Tambah Darah”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ekseperimen dan kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini yaitu menonton Iklan Layanan Masyarakat “Tablet Tambah Darah Versi Selfie” (kelompok eksperimen) dan Video “Sehat, Cerdas, dan Cantik Tanpa Anemia” (kelompok kontrol). Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan kuesioner dengan subjek penelitian berjumlah 60 subjek. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan pengetahuan (p=0,00), sikap (p= 0,042), persepsi (p= 0,00) dan niat (p= 0,006) siswi sesudah menonton iklan pada kelompok eksperimen. Terdapat perbedaan pengetahuan siswi sesudah menonton iklan pada kelompok kontrol (p= 0,00). Namun, perbedaan sikap (p= 0,469), persepsi (p= 0,121) dan niat (p= 0,071) siswi tidak terjadi pada kelompok kontrol walaupun sudah menonton media iklan. Namun, terdapat perbedaan sikap, persepsi dan niat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebagian besar responden memberikan nilai cukup terhadap pesan iklan pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol, sebagian besar responden memberikan baik terhadap pesan iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 284/19 Las p
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Niat, Pencegahan, Anemia, Remaja Putri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YOHANA NENSY LASAMAHU, 101511133182UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Sri Widati, S.Sos., M.Si, 197701162005012002UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Nov 2019 05:52
Last Modified: 26 Nov 2019 05:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item