PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP INTENTION TO LEAVE YANG DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION

MUHAMMAD ALFATHAN YUSANURA PUTRA, 041511233300 (2019) PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP INTENTION TO LEAVE YANG DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (325kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (391kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu bentuk perilaku karyawan yang dapat merusak kinerja suatu perusahaan dan organisasi adalah keinginan untuk meningalkan (intention to leave) pekerjaannya. Intention to leave dapat dipengaruhi oleh organizational justice, dimana karyawan yang tidak mendapatkan keadilan dari organisasi maka cenderung untuk meninggalkan organisasi. Selain itu beberapa ahli mengemukakan bahwa variabel job satisfaction dapat memediasi hubungan antara organizational justice terhadap intention to leave. Keadilan yang diberikan oleh organisasi dapat menghasilkan respon yang baik bagi karyawan misalnya dapat meningkatkan kepuasan kerja, selain itu bagi organisasi atau perusahaan juga dapat memberikan keuntungan yaitu dapat menurunkan tingkat intention to leave. Sehingga keadilan yang diterapkan oleh organisasi tersebut dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini akan mengkaji pengaruh dari variabel organizational justice terhadap intention to leave yang dimediasi oleh job satisfaction pada karyawan milenial Direktorat Universitas Airlangga Surabaya. Sampel yang digunakan sebanyak 99 karyawan.. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa organizational justice berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to leave. Serta juga disimpulkan bahwa job satisfaction berperan penuh uuntuk memediasi organizational justice terhadap intention to leave.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 374/19 Put p
Uncontrolled Keywords: organizational justice, job satisfaction, intention to leave.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ALFATHAN YUSANURA PUTRA, 041511233300UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Siwi Agustina, NIDN0027087204UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2019 09:57
Last Modified: 02 Dec 2019 09:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item