HYGIENE SANITASI ( Study Deskriptif Tentang Implementasi Hygiene dan Sanitasi di Dapur Palapa Coffee Shop Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya )

NUR ALIFAH, 151611413036 (2019) HYGIENE SANITASI ( Study Deskriptif Tentang Implementasi Hygiene dan Sanitasi di Dapur Palapa Coffee Shop Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya ). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.32-19 Ali h ABS.pdf

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKB KK FV.PW.32-19 Ali h DAFIS.pdf

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKB KK FV.PW.32-19 Ali h DAPUS.pdf

Download (64kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.32-19 Ali h.pdf
Restricted to Registered users only until 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin maju perkembangan zaman maka tuntutan dan perhatian terhadap kualitas pangan yang akan dikonsumsi semakin besar. Dewasa ini konsumen juga lebih selektif dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi karena masih banyak ditemui kasus keracunan makanan yang muncul akibat mengonsumsi makanan yang tidak bersih. Untuk menghindari kejadian tersebut, maka produsen perlu untuk memperhatikan proses pembuatan makanan dengan menerapkan kebersihan hygiene sanitasi dalam proses pembuatannya. Restoran diharapkan memberikan kualitas makanan yang baik yang mencakup kebersihan dan kesehatan untuk yang mengonsumsinya. Untuk itu, penerapan hygiene dan sanitasi di dapur perlu dilakukan dengan baik. Dalam karya ilmiah ini, penulis ingin mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam menerapkan hygiene dan sanitasi di dapur Palapa Coffee Shop Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya agar menciptakan makanan yang bersih dan sehat. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, yakni menggabungkan teori hygiene dan sanitasi di dapur. Penulis melakukan observasi, wawancara dan penggunaan bahan dokumentasi. Informan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah yang mempunyai hubungan dengan hygiene dan sanitasi di dapur. Data dari informan yang berupa informasi tertulis ataupun lisan dibaca kembali dengan teliti, dianalisis dan dijabarkan secara deskriptif. Dari hasil pengamatan yang dilakukan , ditemukan berbagai upaya yang dilakukan pihak hotel untuk menerapkan hygiene dan sanitasi di dapur Palapa Coffee Shop Hotel Grand Inna Tunjungan, seperti : 1. Hygiene dan sanitasi pada lingkungan dapur seperti memiliki penerangan yang cukup, ventilasi, exhauster, dinding, dan laantai dapur yang baik. 2. Hygiene dan sanitasi pada peralatan masak dan peralatan saji seperti di bersihkan dan disanitaser untuk menghilangkan kotoran atau bakteri. 3. Hygiene dan sanitasi pada pegawai (Personal Hygiene) seperti, kebersihan dan kesehatan jasmani meliputi : kebersihan tangan, kulit, rambut, kuku, mulut dan gigi. Kebersihan seragam yang digunakan, mematuhi penggunaan seragam (cook uniform) yang sesuai dan lengkap. 4. Hygiene dan Sanitasi pada Makanan (Food Product) seperti memperhatikan proses penyimpanan makanan, kebersihan bahan makanan, pencucian bahan makanan, pengolahan makanan sampai dengan proses menghidangkan makanan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.PW.32/19 Ali h
Uncontrolled Keywords: HYGIENE, SANITATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3497-3499 Hygiene in universities and colleges
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
NUR ALIFAH, 151611413036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono.,S.Sos.,M.Si, NIDN 0024037201UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 11 Dec 2019 07:04
Last Modified: 11 Dec 2019 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92511
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item