UPAYA PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA (LANSIA) BERDASARKAN ANALISIS CUSTOMER VALUE DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA

VEBY ANDRIANI (2019) UPAYA PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA (LANSIA) BERDASARKAN ANALISIS CUSTOMER VALUE DI PUSKESMAS KOTA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 38 19 And u ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
TKA 38 19 And u DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
TKA 38 19 And u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 38 19 And u.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cakupan pelayanan kesehatan lansia di Puskesmas Kota Surabaya pada tahun 2017 belum mencapai target 100% yakni masih mencapai sebesar 69,56%. Rendahnya partisipasi lansia terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan lansia di Puskesmas salah satunya dapat disebabkan oleh aspek customer value yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi peningkatan pelayanan kesehatan lansia berdasarkan analisis customer value di Puskesmas Kota Surabaya. Metode penelitian ini adalah observasional dengan rancang bangun cross-sectioanal. Populasi dalam penelitian ini lansia di wilayah kerja 5 Puskesmas Kota Surabaya yang dipilih secara random. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling untuk mendapatkan 5 Puskesmas dan Consequtif random sampling untuk mendapatkan 370 lansia di wilayah kerja Puskesmas yang terpilih. Hasil analisis menunjukkan bahwa umur, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir, skala depresi, status gizi lansia, SDM, dan jarak rumah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi lansia pada pelayanan kesehatan yang diterima, sedangkan ADL, fasilitas dan dukungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi lansia pada pelayanan kesehatan yang diterima. Persepsi lansia pada pelayanan kesehatan lansia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer value lansia. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan lansia yaitu pihak Puskesmas sebaiknya memberi perhatian khusus pada lansia terutama pada lasian yang berusia > 70 tahun dengan menyediakan fasilitas yang aman dan nyaman misalkan menyediakan tempat duduk khusus lansia. Dan meningkatkan customer value lansia terhadap pelayanan kesehatan lansia dari segi manajemen waktu misalnya meminimalisir waktu antrian untuk lansia, ini bisa mengurangi pengorbanan waktu dan energi yang dikeluarkan oleh lansia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 38/19 And u
Uncontrolled Keywords: pelayanan kesehatan lansia, customer value, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
VEBY ANDRIANINIM101714453005
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus SupriyantoNIDN0016094902
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:33
Last Modified: 17 Dec 2019 08:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item