Izzatin Hikmiyah (2019) Hubungan Antara Sensation-Seeking Dengan Smartphone Addicton Pada Generasi Z. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (881kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI .pdf Download (512kB) |
|
Text
3. ABSTRAK .pdf Download (412kB) |
|
Text
3. ABSTRAK .pdf Download (412kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (497kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (563kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (614kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara sensation-seeking dengan smartphone addiction pada generasi Z. Penelitian ini didasari oleh adanya fenomena semakin meningkatnya tingkat adiksi smartphone pada generasi Z khusunya kelompok remaja. Teori yang digunakan pada variabel sensation-seeking mengacu pada teori Zuckerman (1979). Sedangkan, pada variabel smartphone addiction mengacu pada teori Kwon dkk. (2013). Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey. Subjek penelitian ini adalah generasi Z yang berada pada kelompok usia remaja yang memiliki tahun kelahiran 1997-2007. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 196 orang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala sensation-seeking Sensation-seeking Scale form V (SSS-V) (Zuckerman, 1979) yang berjumlah 40 aitem (α=0,78) dan skala smartphone addiction Smartphone Addiction Scale (SAS) (Kwon dkk., 2013) yang telah ditranslasi oleh Rahmadyan (2017) berjumlah 33 aitem (α=0,911). Teknik analisis data menggunakan analisis Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh hubungan yang positif (r= 0.000 p= 0,306). Nilai korelasi yang didapat bernilai positif artinya semakin tinggi sensation-seeking maka smartphone addiction pada generasi Z akan tinggi pula. Hasil penelitian ini memberi catatan penting bahwa dalam menggunakan teknologi media informasi perlu adanya batasan dalam menggunakan, khususnya pada remaja yang berada pada kelompok generasi Z
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi 07/20 Hik h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sensation Seeking, Smartphone Addiction, Z Generation | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:23 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2020 09:23 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93790 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |