Umpan Balik Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas-10 Di Sma Khadijah Surabaya

Eka Kuswandini (2020) Umpan Balik Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas-10 Di Sma Khadijah Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (647kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
5. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2023.

Download (823kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan umpan balik guru pada pembelajaran menulis siswa untuk melihat perkembangan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan kurikulum Cambridge sebagai kurikulum tambahan yang digunakan oleh SMA Khadijah pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penggunaan kurikulum ini bertujuan agar siswa mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup luas dan dapat mengikuti ujian check point dari Cambridge Institute supaya siswa mendapatkan sertifikat sebagai bahan tambahan untuk menuju jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini mengamati siswa di tingkatan kelas dasar (core) pada kelas 10, yaitu EC 4 (English Class). Dengan menggunakan metode studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa: 1) terdapat lima jenis umpan balik yang digunakan oleh guru pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, yaitu umpan balik korektif, umpan balik metalinguistik, recast, permintaan klarifikasi, dan pengulangan. Namun, ada satu jenis umpan balik yang tidak digunakan, yaitu elicitation berdasarkan teori dari Lyster dan Ranta (1997); 2) strategi yang paling banyak digunakan oleh guru adalah memberikan umpan balik secara langsung pada saat murid sedang membuat tulisan. Pemberian umpan balik diberikan kepada setiap siswa secara individu sesuai dengan tujuan pembentukan kelas yang dibagi dalam kelas kecil. Guru hanya menggunakan satu atau beberapa aspek berdasarkan teori dari Brookhart (2008); 3) terdapat dua kategori umpan balik hasil tulisan siswa menurut Robb, Ross, dan Shortreed (1986), yaitu umpan balik tidak berkode dan pembetulan langsung. Namun, kategori umpan balik berkode dan marginal tidak digunakan oleh guru dalam memberikan umpan balik tertulis. Hasil nilai dari pretest dan post-test para siswa meningkat. Penelitian ini diharapakan dapat memperkaya penelitian pada bidang pengajaran dan pembelajaran menulis bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TIL 01-20 Kus u
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Kurikulum Cambridge, Umpan Balik Guru
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik
Creators:
CreatorsNIM
Eka KuswandiniNIM121714253007
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuni Sari AmaliaNIDN0006127407
Thesis advisorJuriantoNIDN0019056504
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 11 Aug 2020 13:40
Last Modified: 11 Aug 2020 13:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97034
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item