Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Identity Gartenhaus sebagai Kedai Kopi Lokal Malang melalui Social Media Marketing

Dian Hutami Rahmawati (2019) Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Identity Gartenhaus sebagai Kedai Kopi Lokal Malang melalui Social Media Marketing. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (568kB)
[img] Text (ABSTRAK)
8. RINGKASAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
12. DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17. BAB IV GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
19. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2023.

Download (519kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Gartenhaus sebagai salah satu kedai kopi di Kota Malang membangun identitas mereknya melalui social media marketing. Dalam penelitian ini menggunakan teori brand identity prism milik Kapferer dan Social Media Marketing milik Singh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Peneliti memilih informan menggunakan purposive sampling dan diuji keabsahannya menggunakan metode triangulasi (trianggulasi sumber). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kekuatan fisik berupa bentuk tempat yang unik dengan memadukan coffee shop dengan working space ditambah konsep outdoor kebun menjadi komponen pembentuk identitas merek yang paling utama. 2) Aspek fisik merupakan aspek yang paling sering dipromosikan melalui Instagram Gartenhaus. Aspek fisik mampu menarik komunitas-komunitas untuk datang (online communities) dan berpengaruh pada membangun interaksi yang lebih banyak dengan konsumen di Instagram Gartenhaus. 3) Aspek kedua dari identitas merek adalah kepribadian merek Gartenhaus yakni coffee shop dan working space dengan segmentasi mahasiswa dan pekerja muda. 4) Budaya dalam identitas merek Gartenhaus lebih mengarah kepada budaya konsumen yakni konsumsi kopi sembari berfoto. 5) Komponen hubungan (relationship) dari sisi internal dan external Gartenhaus; aspek external fokusnya dilakukan melalui Instagram membuat konten Instagram Gartenhaus harus tetap menarik minat konsumen. 6) Melalui social media, Gartenhaus membangun dan mengkomunikasikan identitas mereknya terutama dari segi fisik. Unggahan Gartenhaus lebih banyak mengarah pada produk, tempat, aktivitas konsumen dan ambience. 7) Interaksi dibangun dan konten yang disajikan mampu meningkatkan hubungan dengan konsumen melalui social media. Gartenhaus selalu membangun interaksi dan membuat content yang menarik segmentasi pasarnya sehingga mendorong adanya persebaran informasi ke pengguna lain. 8) Aspek accessibility dan credibility di sosial media mampu membangun kepribadian (brand personality) yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kekuatan aspek fisik yang unik menjadi aspek dalam membentuk identitas merek yang kuat bagi Gartenhaus dibandingkan dengan aspek lain. Aspek fisik juga membuat interaksi dengan konsumen di social media menjadi lebih tinggi. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan mampu melihat dari sisi konsumen (recipient) mengenai brand lokal. Saran bagi Gartenhaus atau pemilik bisnis lokal serupa yakni diperlukan adanya sinergi dari berbagai aspek lain (hubungan, kepribadian, budaya) sehingga mampu lebih memperkuat identitas mereknya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSK 09/20 Rah k
Uncontrolled Keywords: brand identity, social media marketing, local product, brand identity prism
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Dian Hutami RahmawatiNIM071714853009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSony KusumasondjajaNIDN'0001057604
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 19 Aug 2020 14:01
Last Modified: 19 Aug 2020 14:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97569
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item