Budaya Pecinta Kopi Dan Gaya Hidup Urban Kedai Kopi Di Surabaya: Analisis Visual Semiotika Spasial (Vernacular Semiotics)

Abduh Rafif Taufani (2020) Budaya Pecinta Kopi Dan Gaya Hidup Urban Kedai Kopi Di Surabaya: Analisis Visual Semiotika Spasial (Vernacular Semiotics). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (869kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2,ABSTRAK.pdf

Download (822kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (889kB)
[img] Text (Bab I PENDAHULUAN)
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5,BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN)
6.BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
7.BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.Daftar Pustaka.pdf

Download (910kB)
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada identitas budaya pecinta kopi dan gaya hidup urban yang direpresentasikan melalui simbol-simbol yang ada pada kedai kopi di Surabaya menggunakan analisis semiotika spasial, atau vernacular semiotics. Peneliti tertarik dengan fenomena munculnya konsumen kopi gelombang ketiga dan identitasnya sebagai pecinta kopi. Juga bagaimana konsumen kopi gelombang ketiga memaknai gaya hidup urban dalam kedai kopi di Surabaya lewat pengunjung, gimmick, dan desain interior kedai kopi. Vernacular Semiotic digunakan sebagai pisau analisis karena peneliti membaca bahwa elemen-elemen visual dalam kedai kopi sebagai teks yang di dalamnya mengandung makna.. Pemaknaan ini sengaja dibangun oleh komunitas pecinta kopi sebagai kaum urban yang menempati ruang spasial lalu membangun identitas budaya dan gaya hidup mereka. Hasil akhirnya, penelitian ini menemukan fakta bahwa banyak pelanggan kedai kopi di daerah urban tidak dating ke kedai atas minumannya saja, melainkan mereka juga mengonsumsi makna dari aktivitas meminum kopi dan juga kedai kopi yang disematkan lewat berbagai elemen visual baik yang mereka produksi secara sengaja ataupun tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K 34-20 Tau b
Uncontrolled Keywords: Identitas Kultural, Gaya Hidup, Masyarakat Urban, Vernacular Semiotics
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Abduh Rafif TaufaniNIM071611533047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRachmah IdaNIDN0024056901
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:05
Last Modified: 01 Sep 2020 07:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item