Sherliafebri Innocentia Kusuma (2020) Pengaruh Emotional Labor Dan Modal Psikologis Terhadap Kepuasan Kerja Pada Frontline Employee Di Bidang Perhotelan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (398kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 12 September 2023. Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 September 2023. Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 September 2023. Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 September 2023. Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 12 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Aset terbaik dari sebuah perusahaan di industri hospitality adalah kinerja pegawainya dalam menyampaikan “pelayanan dengan senyuman”. Kepuasan kerja menjadi salah satu kunci menuju kinerja yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek emotional labor dan tingkat modal psikologis terhadap kepuasan kerja. Emotional labor ditinjau melalui perspektif psikologis yang berarti tingkat regulasi perasaan serta perilaku untuk menampilkan emosi yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan (Chu & Murrmann, 2006). Modal psikologis merujuk pada kapasitas individu yang bersifat positif (Luthans, dkk., 2007), dan kepuasan kerja dimaknai sebagai sikap individu terhadap pekerjaannya secara umum (Brayfield & Rothe, 1951). Hipotesis penelitian ini adalah emotional labor dan modal psikologis masing-masing dan juga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasa kerja. Sampel penelitian ini adalah 118 frontline employee yang bekerja di hotel-hotel di Indonesia, yang dikumpulkan melalui survei daring. Skala yang digunakan adalah adaptasi skala Hospitality Emotional Labor Scale (HELS), Psychological Capital Questionnaire-Short Version (PCQ-12), dan Index of Job Satisfaction. Data dianalisis menggunakan multiple linear regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya modal psikologis yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, sedangkan emotional labor tidak signifikan. Namun secara bersamaan, emotional labor dengan modal psikologis mampu memberikan efek signifikan terhadap kepuasan kerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi 128/20 Kus p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Job Satisfaction, Emotional Labor, Psychological Capital, Hotel Frontline | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2020 10:09 | ||||||
Last Modified: | 12 Sep 2020 10:09 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98787 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |