Studi Fenomenologi: Gambaran Kejadian Nomophobia Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Ariska Windy H. (2020) Studi Fenomenologi: Gambaran Kejadian Nomophobia Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (592kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB I)
4.BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB II)
5.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2023.

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2023.

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2023.

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2023.

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9.BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2023.

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 December 2023.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (86-Kesediaan Publikasi_Ariska Windy)
86-Kesediaan Publikasi_Ariska Windy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kejadian nomophobia dibentuk oleh faktor penyebab seperti lingkungan dalam menggunakan smartphone, dari penggunaan smartophone yang tidak diimbangi kontrol diri yang baik dapat menimbulkan kecanduan yang menyebabkan terjadinya nomophobia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses kejadian nomophobia pada mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dilakukan pada 15 mahasiswa dengan usia 18-25 tahun yang mengalami nomophobia. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengembangan paduan wawancara dilakukan seteelah uji coba penelitian dan pada saat dilakukan wawancara dengan pertanyaan mengikuti jawaban partisipan tanpa mengarahkan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik Collaizi, yaitu mendeskripsikan kasus atau topik yang diteliti, peneliti melalukan wawancara dan menuliskan semua verbanya dalam bentuk naskah transkrip, peneliti membaca hasil transkrip sebanyak tiga atau empat kali sampai memahami, peneliti membaca ulang atau kembali hasil transkrip dan memilih pertanyaan-pertanyaan yang signifikan dan memberi kode, peneliti membaca kembali kata kunci yang telah diidentifikasi dan mencoba menemukan esensi, peneliti membaca seluruh kategori yang ada dengan membandingkan dan mencari persamaan kemudian dimasukan kedalam sub-sub tema, tema dan tema, merangkai tema yang ditentukan selama proses analisis data dan menuliskanya menjadi sebuah fenomena dan peneliti kembali ke partisipan dan meminta partisipan membaca kisi-kisi hasil analisis tema, serta peneliti menganalisis kembali data yang diperoleh selama melakukan validasi kepada partisipan. Hasil: Penelitian ini mengahasilkan 10 tema. Kejadian nomophobia di bentuk dan di pengaruhi oleh faktor prnyabab yang memunculkan tema alasan menggunakan smartphone, manfaat menggunakan smartphone, fitur yang digunakan dalam smartphone, respon saat menggunakan smartphone, pemicu penggunaan smartphone respon orang lain saat menggunakan smartphone. Dari faktor penyebb penggunaan smratphone memimbukan damapak penggunaan smartphone yang memunculkan tema, respon saat jauh dari smartphone, efek yang dirasakan ketika jauh dari smartphone, dan interaksi sosial. Dampak dari penggunaan smartphone menyebabkan kejadian nomophobia yang memunculkan tema perilaku nomophobia. Kesimpulan: Kejadian nomophobia dibentuk dan dipengaruhi oleh faktor penyebab nomophobia yang berasal dari motivasi dan presepsi diri dalam menggunakan smartphone serta respon lingkungan sosial. Dampak dari penggunaan smartphone yang berlebihan memicu terjadinya nomophobia, dimana nomophobia berdampak pada psikologis dan emosional mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.86-20 Ari s
Uncontrolled Keywords: Fenomena, Mahasiswa, Nomophobia, Perilaku
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Ariska Windy H.NIM131611133131
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAh. Yusuf SNIDN
Thesis advisorDian TristianaNIDN0002058702
Depositing User: hardiansah pramana abdilah
Date Deposited: 30 Dec 2020 15:52
Last Modified: 30 Dec 2020 15:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item