Dinamika Proses Keterikatan Guru Terhadap Pendidikan Inklusi: Pendekatan Grounded Theory

Ika Febrian Kristiana (2020) Dinamika Proses Keterikatan Guru Terhadap Pendidikan Inklusi: Pendekatan Grounded Theory. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (915kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (812kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (873kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PERSPEKTIF TEORI)
6. BAB III PERSPEKTIF TEORI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
8. BAB VHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
9. BAB VIPENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (988kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan inklusi dalam pendidikan mendatangkan sejumlah tuntutan baru bagi pekerjaan guru terutama guru kelas. Tuntutan-tuntutan tersebut akan dapat dihadapi jika guru memiliki keterikatan terhadap pendidikan inklusi sehingga keberhasilan inklusi pun dapat dicapai. Studi kualitatif ini bertujuan untuk memformulasikan teori substantive tentang dinamika proses keterikatan guru terhadap pendidikan inklusi. Pendekatan systematic grounded theory digunakan dalam studi ini dengan 19 partisipan utama yang memenuhi kriteria dan 16 partisipan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan focus group discussion. Data yang terkumpul diorganisasikan dengan bantuan software NVivo dan dianalisis dengan teknik komparatif konstan. Hasil studi ini setidaknya menemukan empat poin. Pertama tentang 3 aspek keterikatan guru dengan cirinya masing-masing meliputi: terikat emosi, terikat kognitif, dan terikat perilaku. Temuan kedua yaitu perubahan makna peran yang meningkat dalam proses yang dilalui guru untuk dapat terikat terhadap pendidikan inklusi, meliputi: sebagai fasilitator, sebagai motivator, dan sebagai leader. Temuan ketiga sebagai jawaban atas pertanyaan utama penelitian yaitu terdapat tiga fase yang menjelaskan dinamika proses keterikatan guru terhadap pendidikan inklusi, meliputi: fase reaksi awal, fase perubahan respon, dan fase terikat pada pekerjaan. Sejumlah faktor yang turut menentukan keterikatan guru ditemukan sebagai temuan keempat dikelompokkan ke dalam faktor promotif dan faktor inhibitor termasuk pula pentingnya dukungan sosial. Hasil studi dapat diimplementasikan dalam membantu guru untuk terikat terhadap pendidikan inklusi dengan mengoptimalkan peran faktor promotif dan dukungan sosial sehingga guru akan lebih cepat menerima, beradaptasi, kemudian menyelaraskan setiap perilaku kerjanya dengan nilai-nilai yang diharapkan dalam penerapan inklusi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis Psi 01/21 Kri d
Uncontrolled Keywords: keterikatan guru, makna peran, fase proses, grounded theory, pendidikan inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ika Febrian KristianaNIM111717127304
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeger HandoyoNIDN0016026602
Thesis advisorWiwin HendrianiNIDN0002117802
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Jan 2021 10:34
Last Modified: 19 Jan 2021 10:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item