Erina Wahyu Anggreini (2020) Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Pada Sma Penyelenggara Sistem Kredit Semester (Sks) Di Kota Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Dengan Cooperation Model Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (539kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB 1PENDAHULUAN.pdf Download (396kB) |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 25 February 2024. Download (879kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III TEMUAN DATA)
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf Restricted to Registered users only until 25 February 2024. Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV ANALISIS DAN INTERPRETASI TEORITIK)
7. BAB IV ANALISIS DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 25 February 2024. Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 25 February 2024. Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 25 February 2024. Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
PERMOHONAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kolaborasi guru dan pustakawan dalam menunjang proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kerja sama guru dan pustakawan dalam shared objective, shared collection dan instructional support dalam menunjang proses pembelajaran pada SMA berbasis SKS di Kota Surabaya. Penelitian ini dikaji dengan Teacher and Librarian Collaboration Model (TLC) dengan menggunakan Model B: Cooperation/Partnerships dari Montiel-Overall, dimana teori tersebut menggambarkan tentang kolaborasi guru dan pustakawan yang dilakukan dengan cara pembagian tanggung jawab oleh masing-masing pihak sesuai dengan bidang keahliannya. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dimana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yakni keseluruhan guru dan pustakawan yang ada pada SMA penyelenggara SKS, namun pada penelitian ini mengalami keterbatasan karena adanya pandemi covid-19 menyebabkan sampel yang diambil berjumlah 36 responden. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan guru dan pustakawan berupa saling membantu satu sama lain dengan persentase 77,8%, hubungan kolegial yaitu bersikap sangat peduli satu sama lain sebesar 88,9%, dan komunikasi sering dilakukan di perpustakaan dengan persentase sebesar 91,7%. Kolaborasi guru dan pustakawan dalam shared objective sebesar 94,4% menunjukkan bahwa tujuan kolaborasi yaitu untuk meningkatkan proses pembelajaran. Pada shared collection koleksi yang sering digunakan adalah buku paket dengan persentase sebesar 91,7%, dan pada instructional support kolaborasi ditandai dengan adanya dukungan Kepala Sekolah dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas kolaborasi dengan persentase sebesar 80,6%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi guru dan pustakawan dapat menunjang proses pembelajaran siswa lebih maksimal
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis IIP 11/21 Ang k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kolaborasi, cooperation model, guru dan pustakawan, proses pembelajaran | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2021 06:01 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2021 06:01 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/104398 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |