Elly Maria Dewi (2011) Perbedaan Epistemological Beliefs Antara Siswa Sekolah Dasar Yang Memperoleh Pendekatan Pembelajaran Teacher-Centered Dan Learner-Centered. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (837kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (658kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (525kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (582kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 6 April 2024. Download (706kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 April 2024. Download (614kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 April 2024. Download (894kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 April 2024. Download (524kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (708kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 April 2024. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan Epistemological Beliefs antara siswa sekolah dasar ditinjau dari perolehan pembelajarannya. Pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah teacher-centered dan learner-centered sehingga pertanyaan penelitian yang akan diselidiki yaitu: Adakah perbedaan Epistemological Beliefs pada siswa sekolah dasar yang memperoleh pembelajaran teacher-centered dan learner-centered Penelitian ini dilakukan pada siswa sekolah dasar SDSN Kepuh Kiriman 1 dan Sekolah Alam Insan Mulia. Jumlah subjek penelitian sebanyak 287 siswa dengan rincian 180 siswa SDSN Kepuh Kiriman 1 dengan pendekatan pembelajaran teacher-centered dan 107 siswa Sekolah Alam Insan Mulia dengan pendekatan pembelajaran learner-centered. Alat pengumpul data merupakan kuesioner yang dikembangkan dari Schommer Epistemological Questionnaire yang disusun oleh Schommer pada tahun 2000. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik independent-sample t-test dengan bantuan program statistik SPSS versi 16. Dari hasil analisi data penelitian diperoleh skor dengan signifikansi 0,00 (signifikansi <0,05) dan etta squared sebesar 0,091. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Epistemological Beliefs yang sedang pada siswa sekolah dasar dengan pendekatan pembelajaran teacher-centered yang dalam penelitian ini merupakan siswa SDSN Kepuh Kiriman 1 (M= 50,51, SD=8,057) dan pada siswa sekolah dasar dengan pembelajaran learnenr-centered yang dalam penelitian ini merupakan siswa Sekolah Alam Insan Mulia.(M=45,49 , SD=7,030).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Epistemological Beliefs, pendekatan pembelajaran teacher-centered, pendekatan pembelajaran learner-centered | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2021 08:08 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2021 08:08 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105311 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |