Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas (The Bully)

Muhammad Fajar Shidiqi (2013) Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas (The Bully). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN SAMPUL)
1. HALAMAN SAMPUL .pdf

Download (723kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (691kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (627kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (628kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pemaknaan bullying pada remaja penindas (the bully). Makna dalam penelitian ini diartikan sebagai representasi mental dari hubungan yang mungkin terjadi antara manusia dengan peristiwa atau benda (Baumeister, 1991). Bullying dalam penelitian ini diartikan sebagai tindakan intimidasi yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah secara sadar, dimaksudkan untuk melukai, disengaja, dan menciptakan ketakutan melalui ancaman agresi lebih lanjut (Coloroso, 2007). Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua remaja yang berusia 16-18 tahun yang pernah melakukan perilaku bullying pada teman sebaya atau teman satu sekolah. Seluruh proses pengumpulan data dilakukan di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Analisis dilakukan dengan metode analisis tematik theory driven. Dari kesimpulan diperoleh hasil bahwa remaja penindas (the bully) memaknai bullying dalam tingkatan makna yang berbeda yaitu makna tingkat rendah dan makna tingkat tinggi. Perilaku bullying seperti memukul dan mengganggu pada makna tingkat rendah dimaknai remaja penindas (the bully) sebagai kepuasan diri dan kesenangan diri yang didapatkan dari salah satu sumber pemaknaan yaitu hubungan personal. Perilaku bullying seperti memukul korban bullying yang perkataannya dirasa kurang menyenangkan dan memperolok atau mengejek korban bullying pada makna tingkat tinggi dimaknai remaja penindas (the bully) sebagai langkah untuk menjadi “penguasa” dan sebagai proses pencarian jati diri yang didapatkan dari menggabungkan dan mengintegrasikan sumber-sumber pemaknaan seperti memenuhi kebutuhan dasar, hubungan personal, dan aktivitas bersenang-senang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makna, Bullying,Remaja Penindas (The Bully)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Fajar ShidiqiNIM110810169
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika SNIDN0020115603
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:14
Last Modified: 16 Apr 2021 03:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item