Puspita Nur Aulia (2020) Hubungan Antara Persepsi terhadap Iklim Sekolah dengan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Berbasis Ketarunaan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (995kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (781kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (701kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (771kB) |
|
Text
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (878kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (856kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (900kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (639kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (734kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Pernyataan Kesediaan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan serta menjelaskan hubungan yang terdapat di antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa SMA berbasis ketarunaan . Penelitian ini didasari dari fenomena dimana siswa SMA berbasis ketarunaan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, yang mengakibatkan nilai akademis menurun dan munculnya masalah. Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang mencakup respon mental dan tingkah laku individu, dimana individu berusaha keras untuk mengatasi atau menguasai kebutuhan dalam diri, ketegangan, frustasi dan konflik, yang bertujuan untuk mendapatkan keharmonisan dan keselarasan antara tuntutan lingkungan dimana dia tinggal dengan tuntungan dalam dirinya (Schneiders, 1964). Pada situasi ini, persepsi terhadap iklim sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Menurut Fraser (1989) persepsi terhadap iklim sekolah merupakan pemahaman individu terhadap suasana dan kualitas lingkungan sekolah yang berkaitan dengan nilai atau norma, kebiasaan, kebijakan, prosedur, dan difasilitasi oleh sarana-prasarana yang digunakan dalam aktivitas di dalam sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa survey secara daring. Sampel dari penelitian ini adalah 153 siswa yang bersekolah di SMA berbasis ketarunaan dengan kategori kelas 11 dan 12 yang terdiri dari 74 laki-laki dan 79 perempuan. Alat ukur yang digunakan meliputi Skala Penyesuaian Diri untuk mengukur penyesuaian diri dan Learning Environment Inventory mengukur persepsi terhadap iklim sekolah. Analisis data data dilakukan dengan menggunakan teknik uji korelasi Spearman’s Rho Correlation. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh hubungan yang positif (R=0,274, p<0,05) antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa SMA berbasis ketarunaan. Hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi persepsi terhadap iklim sekolah yang dimiliki, maka semakin tinggi pula penyesuaian diri yang dimilikinya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi.51-21 Aul h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Perceptions of School Climate, Personal Adjustment, Ketarunaan-Based High School. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization > LB3011-3095 School management and discipline |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2021 03:21 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2021 03:21 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105682 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |