Evie Syalviana (2014) Efektivitas Metode Fernald Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Yang Mengalami Kesulitan Membaca. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (753kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (540kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (633kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (639kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (611kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode Fernald efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa slow learner yang mengalami kesulitan membaca. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa slow learner yang mengalami kesulitan membaca di kelas awal yaitu kelas 1 dan 2 SDN Margorejo IV Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen classical experimental design. Desain eksperimen ini terdiri dari random, kelompok kontrol, kelompok eksperimen, pretest dan posttest. Keenam subjek dirandom dan dibagi dalam 2 kelompok subjek menjadi 3 siswa dalam kelompok kontrol dan 3 siswa dalam kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes membaca pada saat pretest dan postest. Analisis data menggunakan uji data two independent samples test yaitu uji mann-whitney dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian adalah metode Fernald efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa slow learner yang mengalami kesulitan membaca. Data diperoleh dari hasil uji beda selisih post-pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil data statistik menunjukkan nilai Asymp.Sig 0.046 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah mendapat perlakuan dengan metode Fernald terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa slow learner yang mengalami kesulitan membaca.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Fernald, Kemampuan Membaca, Slow Learner. | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology |
|||||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2021 21:44 | |||||||||
Last Modified: | 21 Apr 2021 21:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105967 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |