Jusmiati, S.Psi (2012) Peningkatan Kualitas Handwriting Dengan Menggunakan Metode Integrasi Visual Motorik Dan Remedial Menulis Pada Siswa Yang Mengalami Handwriting Problem. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (229kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (367kB) |
|
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2024. Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2024. Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2024. Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2024. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 April 2024. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Handwriting problem merupakan kekurangan dalam memproduksi bentuk huruf dan simbol secara umum sehingga menghasilkan tulisan yang tidak dapat dibaca. Handwriting problem sering disebut juga dengan kesulitan menulis permulaan, dimana gangguan menulis ini lebih fokus pada teknik atau skill dalam menulis. Siswa yang mengalami handwriting problem sangat lambat dalam mengikuti pelajaran, lambat dalam mengerjakan tugas dan menulis sehingga tertinggal jauh dari teman-temannya. Tulisan yang tidak terbacapun mempengaruhi penilaian guru sehingga meskipun anak tersebut mampu untuk mengikuti pelajaran, namun tulisannya tidak terbaca maka nilainya tetap rendah. Ketidakmampuan siswa untuk menulis dengan baik menghambat prestasi belajar dan menjadi problem utama dalam rangkaian proses belajar. Siswa akan merasa frustasi dan memiliki motivasi yang rendah karena berpikir bahwa mereka adalah anak yang bodoh dan selalu mendapat nilai yang rendah. Untuk membantu anak yang mengalami handwriting problem digunakan berbagai macam metode, salah satunya adalah tretmen integrasi visual motorik dan remedial menulis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas handwriting pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 sekolah dasar yang mengalami handwriting problem. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes visual motorik integration. Pengaruh pemberian intervensi dilihat dari hasil pretes dan postes yang dilakukan sebelum dan sesudah intervensi dilaksanakan. Teknis analisis data yang digunakan adalah Paired sampel t tes dimana hasilnya adalah p = 0,214 > 0,05. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terjadi peningkatan kualitas handwriting dengan menggunakan metode integrasi visual motorik dan remedial menulis pada siswa yang mengalami handwriting problem.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handwriting Problem, Metode Integrasi Visual Motorik dan Remedial Menulis | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2021 13:24 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2021 13:24 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105984 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |