Mega Silvia Retnaningtya (2014) Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Di Tk Anak Ceria. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (696kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (593kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (592kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (624kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (659kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (636kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (848kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (591kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (600kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlibatan orangtua, faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua, dan dampak keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak di TK Anak Ceria. Keterlibatan orangtua adalah partisipasi orangtua dalam proses dan pengalaman pendidikan pada anak (Jeynes, 2005 dalam Hornby & Witte, 2010). Menurut Hornby (2005) keterlibatan orangtua dibagi menjadi dua piramida besar, yaitu parental contribution (information, collaboration, resource, policy) dan parental needs (communication, liaison, education, support). Di sisi lain faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua antara lain adalah motivational beliefs, parent’s perception of invitations to involvement from other, dan parent’s perception of life context variables yang mengacu pada Hoover-Dempsey & Sandler, dkk (2007). Akan tetapi dampak yang diberikan berbeda-beda tergantung dengan fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada lima orangtua (ayah atau ibu) yang memiliki anak usia pra-sekolah di TK Anak Ceria. Penggalian data dan informasi dilakukan dengan melakukan wawancara dengan panduan umum dan observasi dengan panduan KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2012). Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis tematik dengan theory driven Boyatzis (1998). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima subjek menampakkan bentuk tingkatan (level) keterlibatan yang berbeda satu sama lain. Khusus pada tingkatan policy (kebijakan), kelima subjek sama-sama tidak menunjukkan keterlibatan. Akan tetapi kelima subjek menampakkan bentuk collaboration (kolaborasi) dan liaison (kepenghubungan). Faktor parental self-efficacy (keyakinan diri orangtua) dan faktor ketersediaan time and energy (waktu dan energi) adalah faktor pendorong bagi ketiga subjek untuk ikut terlibat di dalam pendidikan anak. Dampak yang ditemukan ketika orangtua terlibat di dalam pendidikan anak sangat beragam bagi tiap-tiap subjek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi Ret p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Parental Involvement, Children Education, Inclusion | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:33 | ||||||
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:33 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106011 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |