Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca (Reading Difficulties) Dengan Metode Graphosyllabic Analysis

Hidayatul Muniroh Jamaliah (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca (Reading Difficulties) Dengan Metode Graphosyllabic Analysis. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (729kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (595kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (610kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (685kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Membaca merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh siswa dalam pendidikan formal. Kesulitan membaca yang dialami oleh para siswa seringkali meluas menjadi permasalahan dalam hal menulis dan berhitung. Kesulitan membaca mencakup terbatasnya kosakata, kurangnya akurasi membaca, kurangnya kemampuan mengidentifikasi kata dengan cepat, lemahnya kemampuan decoding, kurangnya kecepatan membaca, serta lemahnya pemahaman terhadap arti bacaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen kuasi, menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6 sekolah dasar yang mengalami kesulitan membaca. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes intelegensi dan tes informal. Pengaruh pemberian intervensi Graphosyllabic Analysis dilihat dari hasil pretes dan postes Word-Learning Tree-Part Test. Teknis analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi sebesar 0,005. Hasil analisis statistik dari penelitian ini menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) untuk ketiga bagian Word-Learning Three Part Test adalah 0,109, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada peningkatan kemampuan membaca pada siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan metode Graphosyllabic Analysis. Hasil observasi menunjukkan ada peningkatan kemampuan membaca pada siswa, namun peningkatan tersebut tidak signifikan. Hal ini dipengaruhi oleh adanya pembiasaan dan pengulangan materi, serta terbatasnya waktu yang digunakan untuk mengajarkan keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Membaca, Kesulitan Membaca, Graphosyllabic Analysis, Word-Learning Three-Part Test.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Hidayatul Muniroh JamaliahNIM111041017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Mastuti, -NIDN0027017405
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:18
Last Modified: 23 Apr 2021 06:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item