Riza Noviana Khoirunnisa (2013) Efektifitas Permainan Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Teman Sebaya Pada Anak Prasekolah. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (114kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (60kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I .pdf Download (107kB) |
|
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II .pdf Restricted to Registered users only until 24 April 2024. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (METODOLOG PENELITIAN)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 24 April 2024. Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (PEMBAHASAN)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 24 April 2024. Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 24 April 2024. Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf Download (70kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 24 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan kooperatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi dengan teman sebaya pada anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain non randomized pretest posttest control group design. Subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini adalah anak praseekolah usia 5 tahun sebanyak 15 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. Alat pengumpul data berupa checklist observasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi dengan teman sebaya pada anak prasekolah.analisis data dilakukan dengan statistik parametrik menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai t sebesar 16,378 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai signifikansi lebih kecil dari α= 0,05 dan effect size sebesar 32,85 termasuk kategori besar yang menunjukkan efektifitas permainan kooperatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak prasekolah. Komunikasi dengan teman sebaya juga menunjukkan peningkatan dengan nilai t sebesar 18,757 dengan signifikansi sebesar 0,000, dan effect size termasuk kategori besar yaitu 64,03. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, permainan kooperatif efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi dengan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak prasekolah, kemampuan pemecahan masalah, komunikasi dengan teman sebaya, permainan kooperatif | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2021 06:33 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2021 06:33 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106087 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |