Pengaruh Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik Dalam Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2013-2014

Sapta Meiningsih (2013) Pengaruh Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik Dalam Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2013-2014. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (364kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (KAJIAN PUSTAKA)
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas 8 SMP Negeri 21 Surabaya. Konseling kelompok terdiri dari tahap permulaan, peralihan, kerja (koliasi dan produktivitas), konsolidasi dan terminasi (Evaluasi dan tindak lanjut). Penelitian ini merupakan tipe penelitian quasi eksperimen dengan randomized pre-test post test control group design. Metode pengumpulan data menggunakan skala yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator-indikator motivasi intrinsik menurut Malone and Lepper (1987). Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS 20.00 for windows dengan hasil alpha cronbach (α = 0,960). Subyek penelitian adalah 18 siswa kelas 8 SMP Negeri 21 Surabaya yang memiliki motivasi intrinsik rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan independent sample t-test, dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t = 6,702 dengan signifikansi = 0,000 signifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis penelitian “Ada perbedaan tingkat motivasi intrinsik pada siswa yang mengikuti konseling kelompok dengan siswa yang tidak mengikuti konseling kelompok”. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi intrinsik yang lebih tinggi pada kelompok ekspeirmen dibandingkan pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: Konseling Kelompok, Motivasi Intrinsik
Uncontrolled Keywords: 1. Ahmadi, Abu dan Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2. Altman, Tracy W. (2005). Improving Academic Intrinsic Motivation through Counseling. Thesis. New York : The College at brockport. 3. Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta 4. Azwar, Saifudin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar. 5. Berita Surabaya. (2012). Ketidaklulusan UNAS SMP. http://beritasurabaya.net/ index_dub.php?category=68id=6573 (online) diakses tanggal 14 Nopember 2013 pukul 13.12 6. Brown, Nina W. (1984). Group Counseling for Elementary and Middle School Children. United State of America: Greenwood publising group. 7. Corey, Gerald. (2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung : Resika Aditama. 8. Corey, Gerald. (2000). Theory and Practice of Group Counseling. California State University: Brooks/Cole. 9. Darminto, Eko. (2007). Teori-teori Konseling. Surabaya : Unesa University Press. 10. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 11. Fatayah Desti, dan Eko darminto.(2010). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Membantu Meningkatkan Motivasi Belajar. (online)http:// ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/10.artikel-desti dan eko.pdf diakses tanggal 17 oktober 2013 pukul 13.00 12. Hamalik, Oemar. (2007). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru Algesindo. 13. Kompas.(2010). siswa SMP di Jatim tak lulus. http://edukasi.kompas.com /read/2010/05/06/11562240/35.567siswa.SMP.dijatim.tak.lulus.UN (online) diakses tanggal 13 Nopember 2013 pukul 11.22 14. Latipun. (2008). Psikologi Konseling. Malang : UMM Press. 15. Latipun. (2006). Psikologi Eksperimen. Malang:UMM Press 16. Lepper, Iyengar, Corpus. (2005). Intrinsic and Ekstrinsic Motivational Orientations in The Classroom. American Psychological Association. Journal of Educational Psychology vol.97,No 2,184-196. 17. Love, Joanna R. (2008). Current Practices in Group Counseling: Academic Achievement Groups for African American Adolescents.Graduate Journal of Counseling Pscyhology Volume 1.Marquette Publications. 18. Malone, Lepper. (1987). A Taxonomi of Intrinsic Motivations for Learning. London : Lawrence Erlbaum Associated. 19. Nursalim M dan Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya : Unesa University Press. 20. Nursalim, Moch dan Retno Tri Hariastuti. (2007). Konseling Kelompok. Surabaya : Unesa University Press. 21. Prihantono.(2012). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa. (online) http://bk-jurnal.lampung.ac.id/bank/jurnal/ 7.artikel.Prihantono.pdf diakses tanggal 17 oktober 2013 pukul 10.00 22. Priyatno, Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat melakukan Analisis Data dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media. 23. Rozaq. (2010). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.http://ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/15.artikel-rozaq.pdf (online) diakses tanggal 05 Nopember 2013 pukul 14.27 24. Sardiman, AM. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 25. Seniati, dkk, (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta : PT Indeks 26. _________,(2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks 27. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. 28. Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta : PT Indeks 29. Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidik. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 30. Sutikno, Sobry. (2008). Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa (online). (http://www.bruderjic.or.id/h-120/peran guru dalam membangkitkan-motivasi-belajar-siswa-html) diakses 29 Oktober 2013. 31. Sugiyono. (2002). Statistika untuk Penelitian. Bandung. CV. Alfabeta. 32. Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 33. Winarsunu, Tulus. (2012). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malang : UMM Press. 34. Zainuddin, M. (2011). Metode Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan.Unair.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Sapta MeiningsihNIM111214253017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMMW. Tairas, -NIDN-
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 25 Apr 2021 07:42
Last Modified: 25 Apr 2021 07:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item