Efektifitas Penerapan Model Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Belajar Kitab Kuning (Fiqh Riyadh Al-Badi’ah) Pada Santri Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan.

Uswatun Hasanah (2012) Efektifitas Penerapan Model Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Belajar Kitab Kuning (Fiqh Riyadh Al-Badi’ah) Pada Santri Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (560kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengajaran kitab kuning merupakan pengajaran yang ditekankan dalam pendidikan pesantren dan menjadi ciri khas dari sebuah sistem pendidikan pesantren serta menjadi sumber acuan utama dalam pendidikan agama, namun pengajaran kitab kuning di pesantren saat ini banyak mengalami persoalan diantaranya adalah rendahnya minat dan motivasi santri untuk belajar kitab kuning, juga rendahnya usaha belajar para santri dalam mempelajari kitab kuning. Penelitian ini menguji efektifitas penerapan self-regulated learning dalam seting pembelajaran kitab kuning untuk mengatasi persoalan yang dihadapi pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan motivasi, metakognisi dan perilaku belajar santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pra eksperimen dengan desain one group pre and post test design. Efektifitas perlakuan diukur dengan peningkatan skor skala regulasi diri belajar kitab kuning setelah diberi perlakuan dari sebelum diberi perlakuan dengan penerapan self-regulated learning pada pengajaran kitab kuning fiqh riyadh al-badi’ah. Skala regulasi diri dalam belajar kitab kuning disusun dengan berdasarkan the self-regulated learning scale (SRLS) dari Zimmerman dan Martinez Pons (1986 & 1988) yang mengukur tiga aspek regulasi diri yaitu motivasi, metakognisi dan perilaku belajar. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan strategi regulasi belajar kitab kuning terlihat dari nilai mean skala regulasi diri belajar kitab kuning antara sebelum dengan sesudah perlakuan, begitu juga nilai mean pada masing-masing aspek yaitu motivasi, metakognisi dan perilaku belajar. Peningkatan ini memiliki nilai signifikansi 0,000 < a 0,025 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 6.190 > 2.069, sehingga disimpulkan bahwa penerapan self-regulated learning dalam pembelajaran kitab kuning efektif dalam meningkatkan regulasi belajar kitab kuning pada santri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, kitab kuning, santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Uswatun HasanahNIM110941049
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika Suprapti, -NIDN0020115603
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 25 Apr 2021 09:43
Last Modified: 25 Apr 2021 09:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item