Hegemoni dan Kontra Hegemoni : Praktek Kekuasaan Sistem Ketenagakerjaan Dalam Industri Franchise Makanan Cepat Saji (Fast Food) Di Kota Surabaya

Istianatul Mauliddia (2016) Hegemoni dan Kontra Hegemoni : Praktek Kekuasaan Sistem Ketenagakerjaan Dalam Industri Franchise Makanan Cepat Saji (Fast Food) Di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (708kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (763kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
3. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (678kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (2MB)
[img] Text (GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM KOTA SURABAYA .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (TEMUAN DAN ANALISA DATA)
6. BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Praktek hegemoni yang terjadi dalam industri franchise makanan cepat saji merupakan senjata yang digunakan oleh para kapitalis korporasi multinasional untuk menundukkan para pekerjanya agar bekerja sesuai dengan alur dan sistem ketenagakerjaan yang telah mereka buat. Pola hegemoni ini merepresentasikan kepentingan mereka yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan berbagai macam kemungkinan terjadinya kerugian. Fakta-fakta seputar gejolak yang muncul akibat hegemoni sistem ketenagakerjaan di industri franchise seperti aksi demo dan upaya perlawanan lainnya merupakan variasi bentuk kontra hegemoni yang dilakukan oleh pekerja agar mereka dapat terJepas dari berbagai interaksi hegemonik yang berupaya menindas mereka. Pennasalahan dalam penelitian ini adalah mengungkap kepentingan korporasi multinasional di balik sistem ketenagakerjaan yang diterapkan di industri franchise makanan cepat saji, sistem ketenagakerjaan yang hegemonik dan variasinya, dan juga reaksi pekerja atas sistem ketenagakerjaan yang diterapkan. Rumusan masalah ini dianalisa dengan menggunakan teori hegemoni Gramsci dan met ode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan pola hegemoni dan kontra hegemoni yang terbentuk di restoran cepat saji. Dalam penelitian ini ditemukan adanya kepentingan restoran cepat saji untuk mengontruksi dan menginternalisasikan strategi dan standar kerja yang berorientasi pada pengendalian biaya untuk buruh (labor cost) dan juga melemahkan control Pemerintah dalam pengawasan ketenagakerjaan. Sistem ketenagakerjaan merupakan instrumen hegemoni yang dikendalikan oleh para manajer kepada bawahannya. Sistem ketenagakerjaan yang hegemonik inilah yang memicu reaksi beragam dari pekerja. Perbedaan reaksi para pekerja dalam merespon sistem ketenagakerjaan yang hegemonik inilah bergantung pada tipe konsensus yang dibuat. Para manajer cenderung mengubah sikap dan tingkah laku mereka agar sesuai dengan sistem yang diterapkan dan kontra hegemoni yang mereka lakukan lebih pada soft power. Sedangkan para karyawan cenderung takut akan konsekuensi yang ditimbulkan jika tidak sesuai dengan sistem yang diterapkan. Itulah sebabnya kontra hegemoni yang mereka lakukan lebih banyak dalam bentuk hard power.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS. P. 05/16 Mau k
Uncontrolled Keywords: Hegemoni, Kontra Hegemoni, Kekuasaan Multinasionai, Sistem Ketenagakerjaan, Industri Franchise, Konsensus
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Istianatul MauliddiaNIM071211332003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, -NIDN0009055804
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 29 Apr 2021 13:20
Last Modified: 29 Apr 2021 13:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item