Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta

Nurani Siti Anshori (2013) Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (982kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (734kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (822kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Nurani Siti Anshori, 110810219, Makna Keja (Meaning of Work) (Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Daerah Istimewa Yogyakarta), Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, 2013. X+ 265 halaman, 7 lampiran Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna kerja dalam konteks budaya Jawa. Makna kerja dalam konteks kebudayaan Jawa yang dimaksud ini ialah bagaimana perspektif masyarakat Jawa, yaitu seseorang yang tumbuh dan besar dalam akar budaya Jawa dalam memaknai sebuah pekerjaan dengan melihat pemahaman individu tersebut terkait dengan filosofi-filosofi budaya Jawa. Keunikan budaya yang sedemikian rupa berpengaruh pada pola perilaku manusia memberikan pemahaman bahwa budaya memegang peranan penting dalam menentukan dasar atau konstruksi pemikiran individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam situasi ilmiah di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, D.I Yogyakarta. Tipe penelitian yang digunakan adalah etnografi. Penelitian ini melibatkan 5 orang informan yang ditentukan secara purposif sesuai dengan acuan penentuan informan dalam metode etnografi. Data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara dalam setting penelitian secara langsung. Analisis data hasil penelitian digunakan dengan menggunakan 4 tipe analisis etnografis yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Keseluruhan tipe analisis etnografis ini merupakan suatu rangkaian yang tak terpisahkan dalam alur penelitian maju bertahap (The Developmental Research Sequence). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna kerja bagi para abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai bagian dari masyarakat budaya Jawa terbentuk berdasarkan nilai-nilai dan ajaran kebudayaan tertentu. Makna kerja dalam perspektif budaya Jawa dapat dijelaskan sebagai: 1) Bekerja merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mencari ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan, 2) Bekerja dengan prinsip nyawiji, greget, sengguh, lan ora mingkuh, 3) Nguri-uri kabudayan, 4) Prinsip sugih tanpa banda, 5) Ngalap berkah, 6) Bekerja dengan pemahaman sangkan paraning dumadi, 7) Golong gilig, manunggaling kawula lan gusti, 8) Bekerja merupakan suatu kegiatan untuk srawung dan ngluru prepat, 9) Hamemayu hayuning Bawana, hamemangun karinak tiyasing sesama, 10) Bekerja dengan penuh mawas diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: makna kerja, budaya Jawa, indegenous psychology
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nurani Siti AnshoriNIM110810219
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorC Daniel Ino Yuwono, -NIDN195407251983031002
Thesis advisorCholicul Hadi, -NIDN196403231989031002
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:13
Last Modified: 30 Apr 2021 05:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106407
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item