Performance Management untuk Meningkatkan Kinerja dan Retensi Staff dalam Rangka Peningkatan Organizational Capabilities di Hotel X Balikpapan

Dimas Ade Irawan (2012) Performance Management untuk Meningkatkan Kinerja dan Retensi Staff dalam Rangka Peningkatan Organizational Capabilities di Hotel X Balikpapan. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (820kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (747kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (701kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE RISET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL RISET DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah performance management yang telah diterapkan di Hotel X Balikpapan, dapat meningkatkan kinerja dan retensi staff, serta meningkatkan organizational capabilities dari Hotel X Balikpapan. Performance management didefinisikan sebagai suatu proses yang sistematis untuk meningkatkan performa organisasi dengan cara mengembangkan performa individu dan kelompok. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari organisasi, kelompok dan individual dengan memahami dan mengatur performanya dalam suatu rangka tujuan yang telah direncanakan, standarisasi dan kompetensi yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan dalam waktu 3 (tiga) bulan, di Hotel X Balikpapan, dengan melibatkan 30 orang staff (Reception, Room Attendant, Waiter/Waitress dan Cook), serta 5 orang Supervisor. Data dikumpulkan dengan Teknik wawancara, dan divalidasi dengan Focus Group Discussion. Data retensi diambil dari database Human Resources Department. Data performance/kinerja diambil dari hasil benchmark performance karyawan dengan menggunakan form performance management yang disusun oleh peneliti. Metode penelitian menggunakan metode Action Research (riset tindakan). Dari hasil penerapan proses performance management selama 3 (tiga) bulan, ditemukan adanya penurunan turnover karyawan pada posisi-posisi yang disertakan dalam proses performance management tersebut, akan tetapi hasil ini masih belum dapat dipastikan apakah penurunan turnover tersebut benar-benar dikarenakan proses performance management yang telah diterapkan atau ada hal-hal lain diluar proses tersebut yang mempengaruhi. Untuk masalah peningkatan kinerja, proses performance management yang diterapkan belum dapat menjawab secara pasti tentang ada atau tidaknya peningkatan kinerja karyawan setelah melalui proses performance management. Diperlukan siklus satu tahun untuk memastikan bahwa proses performance management ini memberikan kontribusi pada peningkatan kinerja staff (sekitar 3 kali siklus performance management). Dari penerapan performance management selama 3 (tiga) bulan, hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah timbulnya akselerasi proses pembelajaran individu terhadap peran dan tanggungjawabnya, serta mulai timbulnya keselarasan antara individu dengan tujuan besar organisasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Performance Management, Organizational
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Ade IrawanNIM110943002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorC. D. Ino YuwonoNIDN0025075404
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:05
Last Modified: 05 May 2021 23:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106418
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item