Pengaruh Tingkat Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Intensi Turnover Pada Staf Penjualan Pt X Di Surabaya Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediator

Zain Ambi (2015) Pengaruh Tingkat Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Intensi Turnover Pada Staf Penjualan Pt X Di Surabaya Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediator. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (874kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (819kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (881kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2024.

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2024.

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (780kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap intensi turnover pada staf penjualan PT X di Surabaya dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediator. Definisi persepsi dukungan organisasi pada penelitian ini menggunakan teori dari Eisenberger (1986), definisi intensi turnover menggunakan teori Mobley, Griffeth, dan Meglino (1979), dan definisi komitmen organisasi menggunakan teori dari Meyer dan Allen (1993) dimana komitmen organisasi terbagi menjadi 3 komponen yaitu komitmen afektif, komitmen continuance, dan komitmen normatif. Penelitian ini dilakukan pada 98 staf penjualan PT X di Surabaya. Teknik Sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Alat pengumpul data berupa kuisioner yang mengadaptasi alat ukur persepsi dukungan organisasi milik Eisenberger (1986), intensi turnover milik Mobley, Horner, dan Hollingsworth (1978) dan komitmen organisasi milik Meyer & Allen (1993). Teknik analisis data menggunakan teknik bootstrapping untuk melakukan multiple mediation dan mediasi dengan menggunakan custom dialog box di dalam program IBM SPSS Statistic 20 for Windows yang bernama Preacher and Hayes (2008) Multiple Mediation (INDIRECT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi terhadap intensi turnover pada staf penjualan PT X dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediator. Hasil multiple mediation menunjukkan bahwa komitmen afektif dan normatif terbukti siginifikan memediasi, sementara komitmen continuance tidak signifikan menjadi variabel mediator. Hasil dari mediasi sederhana menunjukkan bahwa masing-masing variabel komitmen afektif, komitmen continuance dan komitmen normatif signifikan menjadi variabel mediator antara persepsi dukungan organisasi dan intensi turnover.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi Der e
Uncontrolled Keywords: perceived organizational support, affective commitment, continuance commitment and normative commitment, turnover intention
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Zain AmbiNIM111011149
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCholichul Hadi, -NIDN0023036405
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:59
Last Modified: 30 Apr 2021 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item