Perbedaan Strategi Reciprocal Teaching melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar (Self Directed Learning) Siswa

Sih Wahyuni Raharjeng (2013) Perbedaan Strategi Reciprocal Teaching melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar (Self Directed Learning) Siswa. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (856kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (628kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Melalui pengembangan sifat kemandirian belajar (self directed learning) siswa ini akan berdampak kepada cara berpikir siswa sehingga akan memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian hasil belajar siswa meningkat ketika kemandirian belajar (self directed learning) siswa dilatihkan sehingga mempengaruhi cara berpikir mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya, (b) ada tidaknya perbedaan kemandirian belajar (Self Directed Learning) siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya. Tipe Penelitian ini menggunakan static group design, dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonrandomized pretest-posttest control group design. Sasarannya adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas di SMA Negeri 18 Surabaya ini adalah ± 36 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes seperti pretes, postes, kuis, dan kuesioner. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya. Selain itu juga ada perbedaan kemandirian belajar (Self Directed Learning) siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Independent Learning (Self Directed Learning), The Type of Jigsaw Ii Cooperative Model and Conventional Learning, and Student Learning Outcomes.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Sih Wahyuni RaharjengNIM111142003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. M. W. TairasUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 May 2021 18:51
Last Modified: 06 May 2021 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item