Sih Wahyuni Raharjeng (2013) Perbedaan Strategi Reciprocal Teaching melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar (Self Directed Learning) Siswa. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (856kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (612kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (619kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (628kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (608kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Melalui pengembangan sifat kemandirian belajar (self directed learning) siswa ini akan berdampak kepada cara berpikir siswa sehingga akan memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian hasil belajar siswa meningkat ketika kemandirian belajar (self directed learning) siswa dilatihkan sehingga mempengaruhi cara berpikir mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya, (b) ada tidaknya perbedaan kemandirian belajar (Self Directed Learning) siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya. Tipe Penelitian ini menggunakan static group design, dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonrandomized pretest-posttest control group design. Sasarannya adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas di SMA Negeri 18 Surabaya ini adalah ± 36 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes seperti pretes, postes, kuis, dan kuesioner. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya. Selain itu juga ada perbedaan kemandirian belajar (Self Directed Learning) siswa antara penerapan pembelajaran yang menggunakan strategi reciprocal teaching melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran konvesional pada materi Sistem Imunitas Manusia Di SMA Negeri 18 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Independent Learning (Self Directed Learning), The Type of Jigsaw Ii Cooperative Model and Conventional Learning, and Student Learning Outcomes. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 01 May 2021 18:51 | ||||||
Last Modified: | 06 May 2021 00:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106505 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |