Hubungan Antara Self Esteem Dan Peer Pressure Dengan Compulsive Buying Pada Remaja Dan Dewasa Awal

Vitria Permata Indah (2011) Hubungan Antara Self Esteem Dan Peer Pressure Dengan Compulsive Buying Pada Remaja Dan Dewasa Awal. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (601kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (640kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2024.

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2024.

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2024.

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2024.

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2024.

Download (763kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self esteem dan peer pressure dengan compulsive buying. Compulsive buying yang dimaksud adalah pembelian yang kronis berulang-ulang yang menjadi respon utama dari suatu kejadian atau perasaan yang negatif. Self esteem yang dimaksud adalah nilai yang ditempatkan individu atas dirinya sendiri secara keseluruhan, baik positif ataupun negatif atas dirinya sendiri. Sedangkan peer pressure yang dimaksud adalah pengalaman yang subyektif atas perasaan tertekan, terpaksa atau terdesak oleh orang lain untuk melakukan sesuatu karena orang lain memaksa, meminta atau menantang untuk melakukannya. Penelitian ini dilakukan pada remaja dan dewasa awal yang pernah melakukan pembelanjaan di pusat perbelanjaan yang ada di Surabaya minimal dengan memiliki frekuensi ke pusat perbelanjaan 2 kali seminggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 80 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Kuesioner compulsive buying terdiri dari 13 item yang diadaptasi dari Compulsive Buying Scale (CBS) yang disusun oleh Valence, d’Astous & Fortier (1988), kuesioner self esteem diadaptasi dari Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) yang terdiri dari 10 item dan kuesioner peer pressure terdiri dari 10 item yang diadaptasi dari Peer Pressure Questionaires oleh Santor, Messervey, &Kusumakar (2000). Analisa data dilakukan dengan tehnik statistik Kendal dengan bantuan program statistic SPSS 16 for windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara self esteem dengan compulsive buying sebesar 0,014 dengan p sebesar 0,432hal ini menunjukkan tidak ada korelasi antara self esteem dengan compulsive buying; dan korelasi antara peer pressure dengan compulsive buying sebesar 0,361 hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara peer pressure dengan compulsive buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HANYA TERSEDIA FILE
Uncontrolled Keywords: self esteem, peer pressure, compulsive buying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Vitria Permata IndahNIM1106101018
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, -NIDN0008036803
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 02 May 2021 02:02
Last Modified: 02 May 2021 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106521
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item