Theodore Baswara (2014) Perbedaan Karakteristik Pekerjaan Yang Bermakna Dalam Memotivasi Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar Ditinjau Dari Orientasi Kerja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (75kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan karakteristik pekerjaan yang bermakna dalam memotivasi Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar ditinjau dari orientasi kerja. Karakteristik pekerjaan yang bermakna yang dimaksud, terdiri dari: tujuan sosial, kebenaran moral, kesenangan yang terkait dengan prestasi, otonomi, pengakuan dan hubungan-hubungan yang positif. Orientasi kerja yang dimaksud, terdiri dari karier dan panggilan. Penelitian ini dilakukan pada alumni Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar, dengan sampel dari angkatan I-V sejumlah 54 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner karakteristik pekerjaan yang bermakna, yang terdiri dari 36 aitem, yang disusun oleh penulis berdasarkan teori Morin (2004) dan kuesioner orientasi kerja yang terdiri dari 3 penilaian paragraf dan 30 aitem, yang mengacu pada Wrzesniewski (1997) Analisis data dilakukan dengan teknik Mann-Whitney U Test, dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20 dan deskriptif. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh tidak adanya perbedaan 6 karakteristik pekerjaan yang bermakna dalam memotivasi Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar. Namun deskripsi data yang didapat menunjukkan kaitan karakteristik tujuan sosial dengan orientasi panggilan. Sedangkan karakteristik kesenangan yang terkait prestasi dengan orientasi karier. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi manajemen sumber daya manusia Pengajar Muda, khususnya pada fase rekrutmen dan seleksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakteristik pekerjaan yang bermakna, orientasi kerja, Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 13:22 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 13:22 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106708 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |