Dinamika Emosi Pada Remaja Yang Mengalami Perceraian Orangtua: Studi Kasus

Dewi Ratih Hardiningtyas (2011) Dinamika Emosi Pada Remaja Yang Mengalami Perceraian Orangtua: Studi Kasus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (577kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dinamika emosi pada remaja yang mengalami perceraian orangtua. Dinamika emosi yang dimaksud mencakup komponen fisiologis, komponen subyektif emosi (reaksi kognitif dan indrawi), komponen perasaan, dan komponen behavioral emosi. Perspekstif teori dalam penelitian ini menggunakan teori Plutchik yang mengungkapkan tentang alur emosi atau disebut Feedback Loops Plutchik dimana di dalamnya mencakup bagaimana proses emosi itu terjadi yaitu stimulus event, inferred cognition, feeling state, physiological, impuls in action, overt behavior dan effect. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja berusia antara 12 sampai 21 tahun dan telah mengalami perceraian orangtua. Diketahui bahwa individu dengan usia tersebut lebih cenderung memiliki emosi yang tidak stabil dalam perkembangannya dan mengalami dinamika emosi yang berubah-ubah ketika mengalami peristiwa perceraian orangtuanya. Penelitian ini di lakukan di Banyuwangi dengan jumlah subjek 2 orang yang kesemuanya adalah laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Penelitian dilakukan pada remaja yang mengalami perceraian orangtua dengan jumlah subjek 2 orang. Cara memperoleh subjek penelitian dilakukan dengan menentukan kriteria-kriteria yang sesuai dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah diverbatim, serta catatan lapangan. Analisis dilakukan melalui tiga tahap, yaitu open coding, aksial coding, dan selective coding. Koding adalah pengorganisasian data kasar ke dalam kategori-kategori konseptual dan pembuatan tema-tema atau konsep-konsep yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja yang mengalami perceraian orangtua mengalami dinamika emosi yang beragam. Bentuk dinamika emosi yang terjadi bervariasi bergantung pada kondisi internal dan eksternal tertentu pada remaja. Dinamika emosi merupakan suatu bentuk perubahan yang dinamis dari gangguan emosi kompleks yang meliputi tiga komponen utama yaitu penilaian subyektif, perubahan fisiologis terkait dengan bentuk-bentuk spesifik atas usaha-usaha adaptasi, dan dorongan aksi yang memiliki kualitas makna dan ekspresi. Secara garis besar hasil dari wawancara dan observasi maka diperoleh data bahwa kedua subjek penelitian lebih mengarah pada berbagai bentuk aspek kognitif dan aspek perasaan yang kemudian memicu terjadinya sebuah perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinamika emosi pada remaja, perceraian orangtua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Ratih HardiningtyasNIM110511238
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIka Yuniar CahyantiNIDN0001067701
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 07 May 2021 05:10
Last Modified: 07 May 2021 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106928
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item